Sukses

Beauty

Berapa Kali Sehari Harusnya Pipis Yang Sehat? Baca Ini Ladies

Kamu pasti sudah sering banget dengar atau baca artikel yang menyarankan sebaiknya minum air putih itu paling tidak 8 gelas per hari. Air dibutuhkan tubuh dalam banyak hal, dan salah satunya yang utama adalah membuang racun dan zat sisa di dalam tubuh sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Zat sisa air paling banyak dibuang melalui air seni. Tapi terkadang buang air kecil jadi hal yang agak menjengkelkan karena ketika kamu semakin banyak minum air, semakin sering pula kamu pipis. Itulah mengapa tak jarang orang menahan buang air kecil karena tak mau sering ke kamar mandi.

Tapi pernahkah kamu penasaran sebenarnya berapa kali sehari sih pipis yang dianggap sehat dan tidak menunjukkan gejala kesehatan yang serius? Apakah dua kali, tiga kali, empat kali? Kita hanya tahu bahwa menahan buang air kecil itu bahaya.

Dr. Gina Sam, MD/MPH dalam goodhousekeeping.com mengatakan, jika kamu hanya buang air kecil dua kali sehari, itu tandanya kamu dehidrasi. Kamu butuh pipis lebih dari itu, apalagi jika pipis yang kamu keluarkan berwarna kuning gelap. Tubuhmu kekurangan air, perlu lebih banyak minum.

Berikut ini gambaran apakah tubuhmu sedang dehidrasi atau tidak dilihat dari warna air seni yang dikeluarkan tubuhmu.

copyright by goodhousekeeping.com/ Designed by Jennifer Chalet

Terkadang jika kamu minum banyak air putih, kamu bisa buang air kecil satu-dua jam sekali untuk mengeluarkan air dalam tubuh. Ginjal akan melakukan tugasnya menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa dalam tubuh yang tak digunakan dan menyerap elektrolit dari air.

Aturan minum 8 gelas air putih itu bisa kamu terapkan, namun kebutuhan air putih setiap orang bisa berbeda, ada yang lebih dari itu. Selama kamu buang air kecil tidak menyakitkan dan tidak berwarna kuning pekat, kamu normal. Tak masalah berapa kali kamu buang air kecil, selama itu dilakukan tanpa masalah, tubuh kamu sehat kok ladies.

Jika tak begitu suka minum air putih, kamu bisa mulai membiasakan dengan makan buah-buahan berair seperti semangka, jeruk, melon, air kelapa muda dan lain sebagainya agar tubuh tetap dapat asupan air dan elektrolit.

Nah, kira-kira berapa kali sehari kamu buang air kecil ladies? Kini kamu sudah bisa menilai apakah kamu cukup sehat atau tidak kan? Yuk rajin minum air, biar sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading