Sukses

Beauty

Awas, Kurang Tidur Bisa Memperburuk Kesehatan

Setiap harinya, berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk tidur atau istirahat? Apakah kurang dari 6 jam, atau lebih dari 6 jam? Menurut beberapa hali, waktu rata-rata dan yang dianjurkan untuk tidur adalah 6 sampai 7 jam. Dengan waktu ini, seseorang bisa memiliki tubuh yang sehat dan sistem imun yang baik. Dengan istirahat atau tidur cukup, seseorang juga akan memiliki daya tahan tubuh yang terjaga.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk,seseorang yang kurang tidur akan lebih mudah sakit, merasa lelah berlebih atau bahkan yang lebih parah adalah kekurangan darah. Yang lebih menakutkan lagi, mereka yang kurang tidur juga akan rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah atau depresi.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Royal Society for Public Health (RSPH) mengungkapkan bahwa tidur yang tidak cukup bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, kurang tidur sebanyak 1 jam setiap harinya dipercaya bisa meningkatkan risiko tersebut.

Kurang tidur bisa meningkatkan risiko kanker dan darah tinggi | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Para ahli mengatakan jika waktu rata-rata yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur atau istirahat adalah 6 sampai 8 jam. Kurang dari 6 jam, hal ini diprediksi akan menjadikan tubuh seseorang rentan terhadap penurunan daya tahan tubuh dan terserang berbagai penyakit. Namun, mereka yang tidur lebih dari 8 jam juga tak luput dari masalah kesehatan. Mereka yang tidur lebih dari 8 jam bisa saja mengalami obesitas.

Study menyebutkan jika orang-orang yang kurang tidur lebih rentan terhadap kanker dan darah tinggi. Orang-orang juga dikatakan memiliki risiko meninggal di usia muda atau lebih awal dari waktu yang seharusnya. Shirley Cramer, kepala eksekutif dari RSPH mengatakan,

"Dari banyak penelitian yang kami lakukan, kami menemukan bahwa mereka yang memiliki masalah kurang tidur memiliki kondisi kesehatan yang buruk. Kurang tidur bisa berdampak buruk pada pola hidup dan menimbulkan berbagai penyakit bersarang di tubuh. Dari 10 orang di Inggris, 6 di antaranya mengalami masalah tidur. Ini mungkin juga terjadi pada orang lain di luar Inggris."

Study yang dilakukan di tahun 2012 menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami masalah tidur atau kurang tidur lebih rentan terhadap risiko kanker payudara. Dan karena kurang tidur sangat berpengaruh buruk buat kesehatan, usahakan untuk tidur tepat waktu dan cukup setiap harinya. Waktu yang tepat dan disarankan untuk memulai tidur sendiri adalah sekitar jam 9 atau 10 malam dan dianjurkan bangun jam 4 atau 5 pagi.

Selain dianjurkan untuk tidur cukup, yang tak boleh dilupakan saat ingin memiliki tubuh sehat adalah pola hidup dan pola makan sehat, hindari rokok juga alkohol, olahraga cukup dan minum air putih cukup setidaknya 8 gelas sehari. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa tidur cukup setiap harinya ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading