Sukses

Beauty

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Leher Sakit

Leher terasa sakit, kaku dan tidak nyaman merupakan suatu kondisi yang sering kali kita rasakan. Dikutip dari laman prevention.com, hampir 67% orang di dunia pernah mengalami sakit leher. Jeremy Smith, MD, seorang ahli bedah tulang belakang dan sekaligus direktur ortopedi yang bertugas di Hoag Orthopedic Institute mengatakan jika sakit leher adalah suatu kondisi yang umum terjadi. Dan umumnya, sakit leher ini terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan ternyata salah. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Membungkuk

    Kebiasaan pertama yang bisa bikin leher sakit adalah membungkuk. Seorang yang suka membungkuk dalam waktu yang lama bisa menyebabkan leher sakit. Membungkuk sendiri bisa dilakukan saat bekerja di depan komputer, membaca buku, menulis, bermain gadget atau kegiatan lainnya.

    Merokok

    Menurut para ahli, merokok tak hanya buruk buat kesehatan paru-paru saja. Lebih jauh, kebiasaan merokok juga membuat seseorang sangat rentan terhadap risiko sakit leher. Smith mengatakan, "Merokok bisa memperburuk kesehatan tulang leher dan tulang belakang tubuh. Merokok biasanya juga akan mempercepat proses degeneratif. Buruknya lagi, merokok bisa menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah di sekitar leher dan punggung serta menyebabkan oksigen di tulang belakang berkurang." Karena hal inilah, tidak heran jika kebiasaan merokok bisa menyebabkan leher sakit.

    Kebanyakan Bermain Gadget

    Smith mengungkapkan bahwa lebih dari 50% orang yang mengalami masalah dengan kesehatan leher adalah mereka yang kebanyakan bermain gadget. Gerak jari yang berlebih selama memainkan gadget, fokus mata yang berlebih di depan layar gadget dan menundukkan kepala berlebih saat memainkan gadget akan membuat leher sakit. Lebih buruknya lagi, kebiasaan memainkan gadget ini juga akan berpengaruh pada kesehatan otak. Radiasi yang ditimbulkan oleh gadget tidak jarang akan membuat seseorang mengalami masalah pada saraf otak dan bagian tubuh lainnya.

    Minum Minuman Beralkohol

    Jika kamu sering mengalami sakit leher, bisa jadi hal ini terjadi karena kebiasaan buruk kamu yang sering minum minuman beralkohol. Smith mengatakan jika konsumsi minuman beralkohol adalah penyebab utama dari sakit leher. Hal ini mengingat bahwa orang yang sedang mabuk karena minuman beralkohol seringkali bergerak sesuka hati dan tidak mempedulikan kesehatan leher serta tulang belakang tubuhnya.


Ladies, itulah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan leher sakit. Jika kamu tak ingin leher kamu sakit, usahakan untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini ya? Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu bisa mencegah risiko sakit leher.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading