Sukses

Beauty

Tak Terduga! 5 Jenis Sayuran Ini Justru Lebih Sehat Kalau Dimasak

Mungkin selama ini kamu sering mendengar bahwa makanan mentah adalah yang paling baik untuk tubuh. Memang ada yang menyebutkan kalau jenis sayuran atau buah-buahan tertentu baik dikonsumsi dalam keadaan belum dimasak karena kandungan vitamin dan mineralnya masih terjaga. Tapi ternyata ada jenis sayuran tertentu yang sebaiknya dimasak lebih dahulu.

Dilansir dari huffingtonpost.com, ada lima jenis sayuran yang lebih baik dikonsumsi setelah dimasak karena lebih menyehatkan. Penasaran apa saja jenis sayuran tersebut? Yuk, ikuti infonya di bawah ini.

    Bayam

    Sayuran hijau ini kaya akan kalsium, zat besi, dan magnesium. Untuk mendapatkan semua kandungan gizinya dengan baik, masak dulu sayuran bayam sebelum mengonsumsinya. Maka kandungan kalsium di dalam sayuran bayam akan naik tiga kali lipat.

    Kale

    Kaya akan serat, kandungan kale yang bisa menurunkan kadar kolesterol akan meningkat apabila dipanaskan (dimasak).

    Jamur

    Jamur memiliki struktur yang agak sulit untuk dicerna. Dan untuk membuatnya mudah dicerna, maka jamur perlu dimasak terlebih dahulu. Selain itu, memasaknya akan memastikan jamur lebih aman untuk dikonsumsi dan membuang kandungan racun yang ada di dalamnya.

    Wortel

    Seperti jamur, wortel mentah susah untuk dicerna dengan baik. Dengan memasaknya terlebih dahulu, jamur akan lebih mudah dicerna dan kita bisa mendapatkan manfaat besar dari kandungan beta karoten yang dimilikinya.

    Tomat

    Yang ini agak mengejutkan. Mungkin selama ini kita sering lebih memilih untuk mengonsumsi tomat yang masih segar dan belum dimasak. Tapi ternyata sebaiknya tomat dimasak lebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal ini terkait dengan fakta bahwa kandungan likopena yang ada di buah tomat bisa meningkat sekitar 30 persen setelah dipanaskan (dimasak).

Tentu saja proses memasaknya jangan sampai berlebihan, ya Ladies. Kalau pengolahannya salah atau proses memasaknya berlebihan, kandungan gizi dan nutrisi dalam sayuran bisa saja hilang.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading