Sukses

Beauty

3 Alasan Pria Lebih Mudah Turunkan Berat Badan Dibanding Wanita

Memiliki tubuh ramping dan berat badan ideal tentu menjadi impian dari setiap orang. Baik orang itu wanita atau pria. Tapi, pernahkah kamu menyadari bahwa pria ternyata lebih mudah dan cepat menurunkan berat badan dibanding wanita? Yap, dikutip dari laman prevention.com, sebuah penelitian menemukan bahwa pria ternyata lebih mudah mencapai keberhasilan saat menjalankan diet. Walau pun banyak pria yang minum kopi atau minum soda, nampaknya mereka tetap bisa menjaga berat badannya di posisi yang ideal.

Para pria bahkan dikatakan lebih mudah mencapai keberhasilan untuk menurunkan berat badan. Tentunya keberhasilan ini terjadi bukan tanpa alasan. Para ahli mengungkap beberapa alasan menarik kenapa pria lebih mudah menurunkan berat badan dan berhasil diet jika dibandingkan wanita. Dan beberapa alasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Pria Memiliki Lebih Banyak Otot

    Alasan pertama kenapa pria lebih mudah menurunkan berat badan dan memangkas lemak di tubuhnya karena pria memiliki lebih banyak otot jika dibandingkan dengan wanita. Karena otot yang lebih banyak ini, pembakaran lemak di dalam tubuh akan lebih mudah untuk dipangkas dan diubah menjadi keringat.

    Chris Jordan, MS, CSCS, seorang direktur fisiologi olahraga di Human Perfomance Intitute mengatakan bahwa otot yang lebih ramping dan banyak, hal ini akan bantu pria membakar kalori lebih cepat dan memangkas lemak lebih mudah. Testosteron di tubuh pria juga akan meningkatkan sintesis protein serta massa tubuh tanpa lemak yang kemudian akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan begini, pria bisa membakar kalori dalam tubuh lebih mudah dan cepat sepanjang hari.

    Pria Memiliki Lemak Lebih Sedikit

    Dibandingkan dengan wanita, lemak yang ada di tubuh pria dikatakan lebih sedikit dan lebih mudah dilakukan pembakaran. Penelitian yang dilakukan di University of New South Wales mengungkapkan bahwa wanita memiliki lemak di tubuh 6 - 11 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Belum lagi, keberadaan estrogen dalam tubuh wanita membuat tubuh sedikit kesulitan melakukan pembakaran energi dan kalori sehabis makan.

    Secara Harfiah, Wanita Gampang Tergoda Dengan Makanan Enak

    Para peneliti di Brookhaven National Laboratory mengungkapkan bahwa secara harfiah, wanita gampang tergoda dengan makanan enak atau minuman enak selama menjalankan program diet. Wanita adalah seseorang yang nggak bisa menolak rasa lezat dan nikmat dari cupcake, cokelat atau kue keju. Sementara pria, ia dikatakan lebih kuat dan tahan akan godaan makanan enak selama menjalani program diet. Pria juga dikatakan sebagai seseorang yang konsisten saat menjalankan program diet.

Itulah beberapa alasan kenapa pria yang mudah menurunkan berat badan dan mencapai keberhasilan saat menjalankan program diet. Selain alasan di atas, alasan lain kenapa pria juga lebih mudah melakukan diet adalah karena keberadaan lemak di tubuh pria kebanyakan ada di sekitar perut. Sementara wanita, lemak lebih suka berada di pinggul, pinggang, bokong atau lengan. Tapi nih ya, meski pria lebih mudah mencapai keberhasilan saat diet, pria juga mudah dan cepat untuk kembali gemuk atau memiliki perut buncit.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading