Sukses

Beauty

Tak Mudah Pikun Di Usia Muda, Pejamkan Matamu Ladies

Pernah lupa menaruh kunci mobil? Atau lupa mengingat password e-mail maupun akun media sosial lainnya? Hati-hati, ya! Sebab, hal-hal ini merupakan salah satu tanda-tanda penurunan daya ingat di usia dini.

Untuk mencegahnya, ada satu cara unik yang bisa kamu lakukan, yaitu memejamkan mata. Yap. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey, Inggris. Ia  mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.

Dalam percobaan tersebut mereka diperlihatkan suatu film pendek yang hanya diisi oleh adegan-adegan tanpa suara. Setelah itu, mereka kembali disajikan sebuah film yang dilengkapi dengan suara.

Kemudian para ahli melontarkan berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan film-film yang baru saja mereka lihat. Hasilnya, sebanyak 71% relawan menjawab pertanyaan secara tepat dengan mata terpejam. Sedangkan 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka justru memberikan jawaban yang kurang tepat.

Seperti dikutip dari laman www.sciencedaily.com, metode memejamkan mata untuk mengingat kembali suatu kejadian ini dipercaya sebagai salah satu teknik yang memungkinkan pelakunya untuk membangun bayangan yang lebih detail dalam pikirannya.

Salah satu peneliti yang terlibat dalam penelitian ini, Robert Nash, mengatakan bahwa orang-orang yang memejamkan mata saat berusaha mengingat sesuatu juga bisa mendapat manfaat lainnya, yaitu terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.

Penelitian ini bahkan telah ditulis ke dalam jurnal hukum dan psikologi kriminal di Inggris. Salah satu tulisannya menyatakan bahwa para polisi telah lama menyadari manfaat metode memejamkan mata ini karena mereka bisa mengumpulkan lebih banyak informasi dari saksi mata yang memberikan keterangan dengan mata terpejam selama wawancara berlangsung.

Robert juga percaya bahwa metode sederhana ini juga bermanfaat dalam situasi sehari-hari, misalnya mengingat kembali nomor PIN dan mengingat daftar belanjaan yang harus dibeli. Tak hanya itu saja, penelitian lain juga menunjukkan bahwa menutup mata dapat meningkatkan pelakunya untuk mengingat kembali tanggal persis suatu peristiwa yang dialaminya meskipun telah terjadi bertahun-tahun lamanya.



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading