Sukses

Beauty

Ngemil di Malam Hari yang Nggak Bikin Gemuk? Ini Tipsnya

Kamu punya kebiasaan atau hobi ngemil di malam hari? Sekali dua kali menikmati makanan atau jajanan ringan di malam hari sih nggak masalah. Hanya saja kalau sudah jadi kebiasaan, wah bisa-bisa berat badan bertambah dan kita mengalami kegemukan. Aduh, serem nggak sih?

Pada dasarnya, seperti yang dilansir oleh popsugar.com, ngemil itu nggak masalah. Yang jadi masalah adalah apabila kalori yang kita konsumsi lebih banyak daripada yang dibakar tubuh. Umumnya keinginan ngemil itu muncul karena dua penyebab. Pertama, karena memang benar-benar lapar. Kedua, karena sudah jadi kebiasaan yang sulit sekali untuk dihilangkan. Nah, kalau sudah jadi kebiasaan, kita perlu melakukan trik dan tips khusus untuk menanganinya.

    Ikuti Aturan Makan 3 Jam-an

    Biar bisa tetap mengendalikan nafsu makan di malam hari, maka coba biasakan untuk mengikuti aturan makan 3 jam-an. Artinya coba biasakan makan dengan porsi makan sedikit atau secukupnya setiap dua atau tiga jam sekali. Cara ini akan membantumu untuk tak kebablasan saat ngemil di malam hari.

    Pilih Serat dan Protein

    Pilih jenis camilan sehat yang bisa membuat perut cepat kenyang. Khususnya pilih yang mengandung serat dan protein. Ada baiknya untuk mengonsumsi buah-buahan atau kacang-kacangan untuk mengatasi rasa ingin ngemil di malam hari.

    Minum Segelas Air Hangat

    Kadang yang kita rasakan di malam hari bukanlah rasa lapar melainkan rasa haus. Jadi sebelum memilih camilan berat untuk dikonsumsi, cobalah untuk minum segelas air hangat terlebih dahulu. Cara ini akan membantumu untuk mengecek apakah yang kamu rasa itu benar-benar rasa lapar atau hanya rasa haus saja.

    Hindari Junk Food

    Sekuat apapun godaan untuk ngemil, hindari junk food atau makanan olahan instan. Karena jumlah kalorinya bisa sangat banyak dan bikin kita gampang ketagihan. Sehingga akan sangat susah untuk berhenti makan setelah mendapatkan satu suapan.

    Imbangi dengan Olahraga Ringan

    Setelah ngemil, jangan lupa bakar kalorinya. Caranya? Imbangi saja dengan olahraga ringan seperti jalan kaki santai keliling rumah atau naik turun tangga di dalam rumah. Tujuannya agar makanan bisa cepat dicerna dan saat tidur perut tak kekenyangan.

Menahan godaan untuk tak ngemil di malam hari bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi kalau sudah jadi kebiasaan, maka akan susah sekali untuk mengendalikannya. Tapi dengan tips dan trik yang sebenarnya sederhana, kita bisa kok mengatur lagi pola makan dan kebiasaan ngemil sehari-hari.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading