Sukses

Beauty

Bener Banget! Saat Nyeri Haid, 5 Hal Inilah yang Kamu Rasakan

Sebagian wanita mungkin tak pernah merasakan nyeri haid atau kram perut parah ketika datang bulan. Tapi sebagian wanita lain ada yang harus mengalami nyeri haid tak tertahankan setiap bulannya. Kalau nyeri haid sudah sangat parah, sulit rasanya untuk bisa beraktivitas normal seperti biasa.

Saat kamu sedang nyeri haid dan harus izin dari kantor misalnya, orang-orang mungkin berpikir kamu berlebihan atau manja. Tapi sesungguhnya, nyeri haid bukan hal sepele. Cuma kamu yang pernah atau sering mengalami nyeri haid parah yang pernah merasakan hal-hal ini.

Bukan Pura-Pura, Sakitnya Memang Tak Tertahankan
Dilansir dari lifehack.org, untuk mengatasi kram perut saat haid, ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti mengonsumsi ibuprofen, obat pereda nyeri haid, atau menggunakan kompres air hangat. Tanpa perawatan atau pertolongan itu, rasanya tubuh bisa sangat lemas dan bisa pingsan kapan saja.

Saat nyeri haid, rasa sakitnya bisa tak tertahankan. Bergerak atau berjalan saja rasanya sungguh menyiksa. Dan rasa sakitnya ini bukan pura-pura atau sekadar untuk mencari simpati saja. Pernah mengalaminya?

Rasa Lelah yang Luar Biasa
Saat sedang haid, rasa sakit yang dialami bisa lebih dari sekadar kram perut saja. Kadang bisa membuat tubuh rasanya sakit semua. Serasa bisa ambruk kapan saja. Kalau tak dibuat istirahat, kondisi bisa makin parah.

Mood yang Naik Turun
Saat haid sedang "banyak-banyaknya", keseimbangan hormon bisa terganggu, khususnya hormon progesteron dan estrogen. Akibatnya? Emosi dan mood bisa naik turun tak karuan. Perubahan hormon dalam tubuh bisa berefek langsung pada emosi dan perasaan yang kita rasakan.

Kamu Gampang Tersinggung dan Seperti Berubah Jadi Orang Lain
Orang di sekitarmu mungkin menganggapmu jadi aneh saat kamu sedang haid. Kamu jadi gampang tersinggung dan mudah marah-marah. Tapi sekali lagi ini adalah akibat ketidakseimbangan hormonmu saat sedang haid

Kestabilan emosi bisa terganggu saat sedang haid. Apalagi jika di saat bersamaan, kamu sedang stres atau depresi. Tak heran jika kamu akan makin super sensitif dan gampang marah ketika datang bulan.

Sedikit Pengertian dari Orang Lain Membuatmu Terharu
Nyeri haid bikin segalanya jadi susah dilakukan. Tapi begitu bisa mendapat sedikit perhatian atau pengertian dari orang lain, wah rasanya hati ini sangat bahagia. Bahkan bisa langsung terharu dibuatnya. Ketika keluarga atau temanmu mencoba mengerti keadaanmu yang sedang nyeri haid, kamu akan memeluknya dengan rasa terima kasih yang amat sangat.

Saat sedang nyeri haid, dunia dan semua rutinitas jadi terasa jungkir balik. Banyak hal yang jadi sulit dikuasai dan dipahami. Tubuh rasanya sakit semua, jadi gampang emosian, dan mudah sekali tersinggung. Tapi tetaplah berusaha untuk menguasai dan mengendalikan tubuhmu, ya Ladies. Kalau sakitnya benar-benar menyiksa dan tak tertahankan, segera hubungi dokter secepatnya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading