Sukses

Beauty

Ini Dia, Kebiasaan Salah Dalam Menyeduh Teh

Bagaimana cara Anda menyeduh teh? Sebagian besar orang di Indonesia mungkin memiliki kebiasaan menyeduh dengan air yang masih mendidih dan didiamkan dalam waktu yang lama. Bahkan, ada pula yang membiarkan daun teh atau teh celup di dalam teko seharian hingga teh habis.

Meski sering dan umum dilakukan, nyatanya kebiasaan menyeduh teh seperti ini keliru lho, Ladies. Teh seharusnya diseduh dengan air panas yang suhunya di bawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian.

Sebab, seperti disebutkan dalam laman www.dailymail.co.uk, jika teh terlalu lama tidak diangkat, maka daun teh dapat mengeluarkan zat-zat yang kurang baik

Selain itu, laman www.bbc.com juga menyebutkan bahwa, teh yang terlalu lama diseduh akan menyebabkan kafein yang keluar dari serbuk teh semakin banyak. Dan, proses pengeluaran kafein itu akan semakin banyak dalam minuman akhir yang terlalu lama diseduh. Sebagai contoh, teh yang diseduh selama 5 menit kafein yang keluar akan semakin banyak dibanding teh yang diseduh 3 menit.

Kafein bertindak sebagai stimulan ke jantung dan juga sistem saraf pusat. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek sehingga bisa mengganggu kesehatan pada orang dengan hipertensi.

Meski cara penyeduhan teh pada masing-masing jenis berbeda, namun yang perlu diingat adalah pastikan suhu air tidak lebih dari 100 derajat celcius. Sementara untuk jangka waktu seduhnya, teh putih berkisar antara 5-10 menit, sementara untuk teh hijau dan teh hitam cukup 2-3 menit saja.

So, Ladies, sudah benarkah cara Anda menyeduh teh selama ini? Jika belum, segera perbaiki agar teh yang menyehatkan dapat berfungsi secara maksimal saat kita minum. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading