Sukses

Beauty

Langsing Dengan Berjemur Di Bawah Matahari, Mungkinkah?

Matahari pagi memang memiliki banyak manfaat pagi kesehatan karena dapat membantu memproduksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin tersebut dapat mencegah diabetes dan pembekuan darah pada pembuluh vena. Bahkan, hasil dari sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa, vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari ternyata dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker dalam tubuh.

Selanjutnya, dalam penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Jurnal Plos One, mengungkapkan bahwa sinar matahari ternyata juga baik untuk menjaga berat badan. Ada pula yang mengatakan bahwa, Anda bisa mendapatkan tubuh yang langsing hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Mitos atau fakta?

Penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University di Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang sering terekspos sinar alami sejak pukul 08.00 hingga siang terbukti memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih kecil dibanding dengan orang yang jarang terpapar sinar matahari.

Asumsi tersebut didapatkan peneliti setelah meneliti 54 orang yang berusia rata-rata 30 tahun. Setelah diselidiki, matahari memang nyatanya berpengaruh pada metabolisme tubuh. Sehingga, tak mengherankan jika seseorang yang jarang keluar ruangan dan kekurangan sinar matahari, memiliki tubuh yang lebih mudah gemuk.

Partisipan yang mengikuti penelitian tersebut dipakaikan sebuah alat berupa gelang untuk memonitor tingkat cahaya matahari. Gelang tersebut juga akan melaporkan berat dan tinggi setiap partisipan dan mengetahui asupan makanan dan olahraga yang mereka lakukan.

Menurut hasil penelitian tersebut, tubuh yang terpapar sinar matahari lebih pagi, indeks massa tubuhnya semakin rendah. Sementara itu, semakin siang berjemur, indeks massa tubuh justru lebih tinggi.

Dari hal ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa, berjemur di pagi hari (sebelum jam 10) lebih baik dibanding siang hari. Meski berjemur di pagi hari baik, konklusi dari penelitian tersebut juga menyebutkan, bahwa direkomendasikan agar berjemur tidak dilakukan terlalu lama, cukup 20 sampai 30 menit. Selain itu, gunakan sunscreen sebelum berjemur untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Selanjutnya, meski berjemur di bawah sinar matahari pagi memang dapat mengurangi BMI, namun bukan berarti Anda bisa seketika langsing hanya dengan berjemur. Untuk mendapatkan tubuh yang langsing, tentu perlu diimbangi dengan olahraga dan latihan fisik teratur serta menjaga pola makan yang sehat. Hanya dengan demikian, hidup yang sehat serta tubuh yang langsing bisa Anda dapatkan dalam genggaman. Semoga bermanfaat!

 

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading