Sukses

Beauty

Perut Kram Saat Haid? Ini Cara Instan dan Alami Mengatasinya

Saat datang bulan atau menjelang haid, sebagian wanita akan merasakan nyeri atau kram perut yang sangat menyiksa. Kalau perut sudah kram dan sakitnya tak tertahankan, beraktivitas seperti biasanya sangat sulit dilakukan. Untuk mengatasinya sebenarnya ada berbagai macam cara. Tapi kalau ingin cara alami sekaligus instan, kamu bisa coba sejumlah alternatif ini.

Dilansir dari lifehack.org, ada jenis makanan dan minuman tertentu yang bisa bantu redakan nyeri atau kram perut ketika haid. Ingin tahu selengkapnya? Yuk, ikuti info detailnya di bawah ini.

    Minuman Cokelat dan Kayu Manis Hangat

    Kayu manis merupakan bahan alami untuk meredakan nyeri haid. Selain itu manfaatnya juga bisa bantu redakan inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Coba buat segelas minuman cokelat hangat yang dicampur dengan sedikit bubuk kayu manis. Tambahkan gula secukupnya. Lalu, minum selagi hangat.

    Nikmati Dark Chocolate

    Kabar baik buat kamu penggemar cokelat. Dark chocolate (dengan kandungan cocoa yang lebih dari 70 persen) sangat ampuh redakan nyeri haid. Mengonsumsinya bisa membuat otot terasa lebih rileks dan rasa sakit pun berkurang. Kalau ingin cara lebih seru dan nikmat mengonsumsi dark chocolate, coba celupkan buah segar di dalam cokelat leleh lalu nikmati sebagai snack.

    Makanan Kaya Kalsium

    Makanan kaya kalsium seperti susu, yogurt, dan brokoli bisa bantu redakan nyeri haid dan kram perut. Salah satu cara seru dan lezat menikmatinya adalah dengan mencampurkan yogurt dengan buah-buahan seperti nanas, stroberi, dan blueberries. Makanan ini bisa dikonsumsi saat sarapan, makan siang, atau sekadar camilan ringan.

    Sayur-Sayuran Hijau

    Sayuran hijau seperti bayam kaya akan magnesium yang dapat membantu merilekskan otot-otot perut. Perbanyak konsumsi serat dan sayuran segar saat sedang haid. Dengan begitu, rasa sakit atau nyeri bisa berkurang dengan lebih cepat.

    Minuman Jahe Hangat

    Saat sedang haid, biasanya tubuh akan terasa pegal dan lemas. Belum lagi dengan kram perut yang sangat menyiksa. Segelas minuman jahe hangat di saat seperti itu bisa jadi solusi terbaiknya. Cukup buat minuman jahe hangat dengan mendidihkan air yang dicampur dengan irisan jahe. Lalu tambahkan madu dan irisan jeruk lemon. Minum selagi hangat. Beberapa saat kemudian, nyeri dan sakit perut bisa berkurang sedikit demi sedikit.

Selain cara-cara di atas, satu cara lain yang paling  mudah dilakukan untuk meredakan nyeri haid adalah dengan minum segelas air teh hangat. Minuman hangat bisa membuat perut terasa lebih nyaman dan nyeri haid pun berkurang.

Imbangi juga dengan istirahat yang cukup saat sedang haid, ya Ladies. Biasanya tubuhmu akan gampang letih ketika haid. Jadi atur kegiatanmu sedemikian rupa agar tak menguras energi tubuhmu.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading