Sukses

Beauty

Bukti Penelitian, Manfaat Minyak Kelapa Lebih Baik dari Odol

Menggosok gigi secara rutin memang jadi salah satu cara terampuh menjaga kesehatan gigi dan mulut. Umumnya kita menggunakan pasta gigi atau odol dengan rasa mint untuk memberi efek segar di mulut. Tapi pernah menyangka nggak kalau minyak kelapa ternyata punya manfaat yang lebih baik dari odol?

Dilansir dari lifehack.org, menurut sebuah penelitian baru dari Athlone Institute of Technology, Irlandia, para ilmuwan membandingkan efek minyak kelapa dengan pasta gigi di dalam mulut. Hasilnya mereka menemukan bahwa ada sejumlah manfaat tertentu yang bisa kita dapat saat mengganti odol dengan minyak kelapa.

Minyak Kelapa Lebih Baik dari Odol

Minyak kelapa bisa membersihkan gigi dan mencegah gigi berlubang yang lebih baik dibandingkan penyegar mulut atau pasta gigi berkandungan fluoride yang biasa dijual di pasaran. Selain itu karena minyak kelapa lebih alami dan tanpa zat kimia berbahaya, maka efek sampingnya pun tak ada.

Penelitian membuktikan kalau minyak kelapa bisa membunuh bibit-bibit bakteri di dalam mulut lebih ampuh dibandingkan odol. Termasuk membunuh bakteri berbahaya seperti Candida albicans. Wah, ternyata minyak kelapa ampuh juga ya untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Minyak kelapa juga punya kandungan yang bisa membersihkan ragi (yeast) dari makanan yang kita konsumsi di mulut. Ragi sendiri sering jadi penyebab penyakit gigi dan gigi berlubang. Di samping itu, ragi juga bisa memberi efek samping negatif untuk saluran pencernaan. Kalau makanan yang kamu konsumsi mengandung ragi, disarankan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti odol ketika menggosok gigi.

Cukup 1 Sendok Makan Minyak Kelapa

Ingin coba mengganti odolmu dengan minyak kelapa? Siapkan 1 sdm minyak kelapa. Lalu masukkan dalam mulut, kemudian kumur-kumur perlahan seperti menggunakan penyegar mulut. Awalnya memang terasa aneh. Tapi lama-kelamaan minyak kelapa akan terasa meleleh di mulut. Setelah beberapa menit (paling lama 30 menit), muntahkan minyak kelapa lalu kumur-kumurlah dengan air biasa hingga bersih.

Tertarik untuk mencobanya, Ladies? Semoga info ini bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading