/kesehatan/9101-tidur-siang-sehat-selama-puasa.html

Tidur Siang Sehat Selama Puasa

Sabtu, 06 Agustus 2011 07:00



(c) wordpress Vemale.com - Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, tentu ingin berlomba-lomba melakukan banyak ibadah. Selain ganjaran pahala berlimpah, suasana bulan Ramadhan selalu memiliki magnet agar selalu mengingat-Nya dan berbagi pada orang-orang yang membutuhkan. Tetapi kadang, saat menjalankan ibadah puasa, kantuk sering datang pada siang hari.

Tidur saat bulan puasa memang tidak dilarang. Bahkan pada penelitian dari Universitas Allegheny di Pennsylvania, tidur siang menjaga tekanan darah tetap seimbang. Dengan begitu, tubuh semakin segar dan bersemangat. Tetapi Anda harus berhati-hati, jangan sampai tidur siang Anda kebablasan dan membuat tubuh lemas sekaligus meninggalkan beberapa ibadah bulan Ramadhan.

JADWAL PUASA BULAN SUCI RAMADHAN 1432 H

Agar tidur siang Anda efektif, waktu yang diperlukan hanya 45 - 60 menit. Bagaimana caranya agar waktu yang singkat itu bisa membuat tubuh segar dan siap melakukan aktivitas hingga berbuka puasa? Simak tipsnya!

Temukan Waktu yang Tepat

Ada banyak waktu pada siang hari yang bisa Anda manfaatkan untuk tidur siang, apalagi jika Anda telah mendapat libur. Pilih waktu yang paling tepat untuk Anda, karena setiap orang punya waktu yang berbeda. Rata-rata waktu yang diambil adalah pukul 13:00 hingga 14:00.

Tenangkan Pikiran

Saat tubuh telah berbaring, tenangkan pikiran Anda agar lebih mudah untuk tertidur. Tinggalkan dulu pikiran mengenai mudik atau THR yang belum didapat. Tarik napas panjang, pejamkan mata dan pikirkan sesuatu yang menyenangkan. Waktu Anda tidak akan terbuang hingga benar-benar tertidur.

Buat Diri Anda Nyaman

Nyaman saat tidur adalah salah satu kunci agar tidur lebih efisien dan tidak terbangun di tengah-tengah tidur yang bisa menyebabkan pusing. Memakai pakaian yang nyaman dan selimut tipis bisa membantu tubuh Anda tetap nyaman saat tidur siang.

Redupkan Ruangan

Dalam keadaan gelap, hormon pemicu tidur lebih giat bekerja. Karena itu, buat ruangan Anda menjadi lebih redup dengan menutup tirai. Jika tidak ingin menutup ruangan, pakai saja masker tidur yang akan menutup mata Anda dari sinar.

Pasang Alarm

Anda pasti tidak ingin kebablasan tidur yang justru akan merugikan tubuh dan membuat kegiatan ibadah terlewatkan. Karena itu, pasang alarm yang bisa menjadi pengingat bahwa waktu tidur siang Anda telah habis dan silahkan basuh wajah untuk melakukan aktivitas lain.

Ingat! Sekalipun tidur siang saat bulan Ramadhan tidak dilarang, masih ada sederet kegiatan yang bisa Anda lakukan. Silahkan tidur siang jika tubuh Anda memang membutuhkannya. Salam! (vem/wsw)

Tidur Siang Juga Tingkatkan Konsentrasi
6 Penyebab Tak Bisa Tidur
Kurang Tidur? Ini Dia Bahaya yang Akan Datang





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...