Sukses

Beauty

Sudah Terbukti, Kopi Ternyata 5 Kali Lebih Sehat Ketimbang Teh

Banyak orang masih sering membanding-bandingkan manfaat kopi dan teh, menilai mana yang lebih sehat dibanding kedua minuman ini. Dan jika kamu adalah pecinta kopi, kabar ini pasti jadi kabar bahagia buat kamu, karena ternyata kopi lebih sehat daripada teh.

Seperti dikatakan Joseph Rivera dari Coffee Chemistry yang menyatakan bahwa kopi lebih sehat dengan bukti-bukti berikut ini.

    Kopi membantu mencegah depresi dan kemungkinan bunuh diri

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam porsi tidak berlebihan bisa menurunkan keinginan bunuh diri pada remaja yang tertekan. Pernyataan ini didukung dengan pembuktian bahwa ada penurunan kadar depresi pada tubuh sehingga orang tak punya pikiran bunuh diri.

    Kopi membantu pergerakan usus lebih baik

    Menurut Joseph Rivera, biji kopi mengandung asam klorogenat sangat tinggi sehingga bisa membantu kelancaran pencernaan dengan cara mempercepat pergerakan usus. Asam klorogenat merangsang produksi gastrin dan cholecystokinin untuk menjaga kesehatan usus. Pergerakan usus yang sehat juga akan menurunkan potensi seseorang terserang kanker usus besar.

    Kopi meningkatkan kadar zat besi dan menurunkan risiko kanker hati

    Minum kopi dengan porsi sedang (tidak berlebihan) bisa meningkatkan polifenol dalam tubuh sehingga bisa menurunkan radikal bebas. Polifenol berperan sebagai antioksidan yang yang baik untuk kesehatan, bahkan bisa menurunkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, hepatitis C dan kanker hati.

    Kopi bisa menurunkan kecenderungan orang kecanduan narkotika

    Kafein punya efek hampir sama dengan narkotika atau obat-obatan terlarang, yaitu membuat kecanduan. Mereka yang suka minum kopi pasti tak bisa jika tidak minum kopi dalam sehari. Hal inilah yang justru menjadi kelebihan kopi, karena sebuah penelitian di Brazil menunjukkan bahwa peminum kopi justru punya kemungkinan kecil kecanduan narkotika.

    Kopi bisa membuatmu bebas kantuk

    Teh sebenarnya punya lebih banyak kafein, namun ketika dipanggang, kopi jadi punya lebih banyak kafein, dan kandungan kafein yang tinggi inilah yang bisa membuat seseorang lebih sadar, lebih fokus dan tidak mengantuk. Kamu bahkan bisa selamat dari kecelakaan karena kamu tak mengantuk saat menyetir.

Tapi tentu saja kopi dan teh punya kandungan yang berbeda dan secara umum, kopi dan teh tak bisa dibandingkan karena setiap minuman punya manfaat tersendiri terhadap tubuh. Baik kopi maupun teh, sama-sama punya manfaat menyehatkan untuk tubuh asal tidak dikonsumsi berlebihan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading