Sukses

Beauty

Bahaya! 7 Hal Ini Bisa Bikin Haidmu Terasa Lebih Menyiksa

Sebagai wanita, datangnya tamu bulanan kerap menyiksa. Tubuh jadi lemas dan gampang pusing. Belum lagi dengan mood yang naik turun dan jadi lebih gampang tersinggung.

Agar haid bisa lancar dan tidak membuatmu makin tersiksa, ada hal-hal yang perlu kamu hindari. Dilansir dari womanitely.com, ada tujuh hal yang bisa membuatmu makin tersiksa saat haid. Mulai dari karena stres hingga kebiasaan buruk seperti merokok. So, kalau kamu tak ingin haidmu makin parah, hindarilah hal-hal di bawah ini, Ladies.

    Stres Berat

    Penting untuk memonitor stresmu. Kenapa? Kalau kamu mengalami stres berat saat sedang haid, wah haid akan terasa lebih menyiksa dari biasanya. Sakit yang dirasakan tubuh akan makin parah ketika kamu stres ketika si tamu bulanan datang.

    Tidak Hati-Hati Mengonsumsi Makanan

    Ada sejumlah makanan yang bisa bikin haidmu makin parah. Contohnya saja seperti makanan olahan/instan, makanan asin, kopi, makanan yang terlalu manis dan berlemak. Kalau kamu tak ingin haidmu makin parah, hentikan atau minimal kurangi konsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan itu.

    Olahraga Berlebihan

    Bukannya melarang olahraga, hanya saja jangan sampai berlebihan saat olahraga khususnya di tanggal-tanggal mendekati siklus haidmu. Imbangi juga dengan cukup konsumsi air putih setiap kali olahraga agar tubuh tak kekurangan cairan.

    Tidur Nggak Teratur

    Tidur nggak teratur juga bisa bikin haidmu makin parah. Usahakan kamu tidur dan bangun dengan jadwal rutin setiap harinya. Saat tubuh bisa mendapat waktu istirahat yang cukup, haid bisa terasa lebih lancar.

    Kerja Lembur Terus-Terusan

    Energi dan daya tahan tubuh kadang ada batasnya juga. Khususnya saat kamu sedang haid, usahakan agar kamu tidak kerja lembur. Hindari jam kerja yang bisa mengganggu ritme sirkadian tubuhmu agar tubuh bisa berfungsi optimal.

    Merokok

    Merokok jelas bisa mengganggu kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Kebiasaan merokok juga bisa mengganggu keseimbangan kadar hormon estrogen, testosteron, progesteron, dan hormon lainnya yang memerankan fungsi penting dalam perkembangan PMS.

    Minum Minuman Beralkohol

    Sama seperti merokok, kebiasaan minum minuman beralkohol juga tak baik untuk tubuhmu. Malah bisa membuatmu makin tersiksa saat haid.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan haid atau tamu bulananmu terasa lebih menyiksa dari biasanya. Kalau kamu merasakan sakit yang teramat saat haid, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, ya Ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading