Sukses

Beauty

Kabar Baik Pecinta Kopi! Minum Kopi Tiap Pagi Nggak Akan Membuat Jantung Berdebar

Banyak orang khawatir saat minum kopi karena kopi bisa membuat perut kembung dan membuat jantung berdebar atau berdetak lebih cepat dari seharusnya. Jantung yang berdebar cepat memang tidak baik, apalagi jika ini bukan dikarenakan olahraga.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum kopi setiap hari tidak akan membahayakan jantung dengan cara menyebabkan jantung berdebar. Penemuan ini memang berbeda dari pernyataan medis tentang konsumsi kopi yang mengandung kafein. Senyawa yang membuat jantung berdetak lebih cepat adalah karena kopi punya kafein yang tinggi.

Dr. Gregory Marcus, penulis peneliti tersebut menyebutkan bahwa banyak ahli kesehatan menyarankan banyak orang untuk tidak mengonsumsi produk makanan berkafein tinggi setiap hari karena bisa mengganggu ritme detak jantung.

Hal ini juga berlaku untuk minuman atau makanan lainnya yang mengandung kafein. Sesekali saja mengonsumsi tidak masalah karena kopi, teh maupun cokelat memiliki kandungan sehat untuk tubuh.

Penelitian dilakukan dengan menyertakan 1.400 orang-orang sehat yang diminta minum kopi, teh dan cokelat. Setiap peserta penelitian juga dipakaikan alat pengukur detak jantung selama 12 bulan untuk mengetahui perkembangan detak jantung mereka selama 24 jam.

Ada 61% partisipan mengonsumsi lebih dari satu produk berkafein dan mereka yang mengonsumsi produk berkafein dalam jumlah lebih banyak ternyata tidak menunjukkan adanya perubahan detak jantung.  

Bagaimana pun, dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman berkafein tinggi tetap saja bahaya untuk kesehatan, lagipula penelitian ini masih butuh banyak pengembangan.

Efek kopi pada setiap orang bisa berbeda-beda, mungkin beberapa orang tidak akan mengalami masalah meski minum kopi tiap pagi, namun jangan paksakan diri jika memang tubuhmu tidak kuat minum kopi ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading