Sukses

Beauty

4 Tanda Utama Kamu Kurus Tapi Sebenarnya Tak Sehat

Orang bilang, tubuh kurus lebih baik daripada gemuk. Kata siapa? Tidak selalu benar kok ladies. Orang kurus atau langsing bisa jadi tidak sehat. Tidak semua orang gemuk itu tidak sehat, mereka yang gemuk namun rajin olahraga justru lebih baik daripada mereka yang kurus namun tak pernah olahraga.

Hal inilah yang perlu kamu perhatikan, meskipun nyatanya kamu punya "bakat" jadi orang kurus. Jika kamu selalu punya berat badan normal tanpa harus berusaha keras mendapatkannya, kamu mungkin salah satu orang yang beruntung. Tapi berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2008, seperempat orang yang kurus ternyata tidak sehat.

Mereka mungkin tampak sehat, tapi ketika mereka melakukan tes kesehatan, mereka punya lemak tubuh tinggi. Mereka punya potensi tinggi menderita diabetes dan gangguan kardiovaskuler, namun tidak tampak dari penampilannya. Dan ini sekian tanda bahwa kamu kurus tapi tidak sehat.

    Kamu punya perut buncit

    Sebuah penelitian Annals of Internal Medicine  menunjukkan bahwa mereka yang punya lemak menggelambir di bagian perut punya risiko tinggi mengalami penyakit serius seperti orang obesitas lainnya.

    Kamu punya riwayat penyakit dalam keluarga

    Ada sekian penyakit yang bisa diturunkan ke anak cucu jika keluargamu pernah mengidapnya, seperti diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan kanker, tak peduli seberapa langsing tubuhmu. Kamu tetap harus menjaga pola makan dan gaya hidup sehat meski punya tubuh yang tak gampang gemuk.

    Kamu tak bisa push up

    Tes paling gampang untuk mengetahui kebugaran dan ketahanan fisikmu adalah dengan cara melakukan push up. Simpel, namun tak semudah yang dibayangkan. Orang kurus tak selalu punya massa otot yang besar. Olahraga selalu jadi aktivitas penting menjaga kesehatan, latihan kardio dan pembentukan otot bisa meningkatkan ketahanan fisik.

    Kamu makan sembarang makanan

    Tahu bahan tubuhnya tak bisa gemuk, justru jadi kesempatan emas untuk makan apa saja. Tapi justru kebiasaan ini yang membuatmu mudah kena penyakit. Meski kamu kurus, kamu mungkin akan mudah lelah, mudah mengantuk, mudah kehabisan nafas meski hanya jalan sebentar dan lain sebagainya. Kamu tak punya fisik yang kuat.

Jadi, memeriksakan kondisi tekanan darah, cek kolesterol, dan kadar gula darah penting dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat tubuh kamu, sekalipun kamu punya bakat kurus ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading