Sukses

Beauty

3 Alasan Kenapa Jalan Kaki Bisa Memperpanjang Usia Kamu

Dibandingkan dengan olahraga lain, olahraga jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan ternyata nih ya, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal PLos Madicine mengungkapkan jika berjalan selama 11 menit saja dalam sehari bisa memperpanjang usia seseorang hingga dua tahun ke depan.

Sementara itu, dikutip dari laman prevention.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Australia's Universty of Sydney menyebutkan jika berjalan di pagi atau sore hari bisa mencegah risiko kematian dini atau memperpanjang usia hingga 9 tahun ke depan. Wah, menarik ya? Lantas, apa yang menjadi alasan jika jalan kaki bisa memperpanjang usia? Berikut penjelasannya.

    Jalan Kaki Menurunkan Risiko Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan beberapa waktu terakhir menyebutkan jika jalan kaki adalah cara yang baik untuk menurunkan risiko buruk akibat duduk terlalu lama. Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Experimental Physiology menyebutkan jika duduk di meja selama 6 jam dalam sehari bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Kondisi ini juga bisa menurunkan kemampuan aliran darah berjalan baik di tubuh. Untuk itu, para peneliti dari University of Utah School of Medicine menyarankan agar seseorang jalan kaki setidaknya 2 menit di setiap jamnya.

    Jalan Kaki Menyehatkan Jantung

    James O'Keefe MD seorang ahli jantung sekaligus profesor kedokteran di Unversity of Missouri-Kansas mengatakan jika jalan kaki bisa melindungi jantung. Bahkan para ilmuwan di Universitas Harvard mengungkapkan jika berjalan kaki secara teratur setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung 355 lebih banyak. Dengan berjalan, para peneliti ini mengungkapkan jika jantung akan memompa darah dengan baik dan membuat kondisi tubuh makin sehat serta terjaga.

    Jalan Kaki Menurunkan Risiko Diabetes dan Obesitas

    Para peneliti mengatakan jika jalan kaki bisa menurunkan diabetes dan obesitas. Peneliti ini mengungkapkan bahwa jalan kaki secara teratur setiap hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 30% dan menurunkan risiko kematian dini sebesar 39%. Sementara itu, penelitian yang dilakukan di Universitas Saarland, Jerman mengungkapkan jika jalan kaki mampu meningkatkan aktivitas telomerase, sebuah enzim yang membantu tubuh memperbaiki DNAnya. Sanjay Sharma, MD, menyebutkan jika jalan kaki selama 25 menit sehari bisa memperpanjang sisa umur seseorang hingga 7 tahun ke depan.


Nah Ladies, gimana nih. Dengan banyaknya kebaikan yang ditawarkan oleh jalan kaki, apakah kamu masih malas untuk jalan kaki? Meskipun jalan kaki adalah olahraga yang sangat sederhana, ia punya banyak manfaat sehat dan bisa memperpanjang usia kamu lho. So, jangan lupa untuk menyukai aktivitas jalan kaki ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading