Sukses

Beauty

Gula Memang Manis, Tapi Ini Dia 3 Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Mengurangi Konsumsinya Mulai Sekarang

Siapa sih yang bisa menolak lezat dan manisnya makanan yang mengandung gula seperti cokelat, cake, pastry, dan aneka makanan bergula lainnya? Hampir sebagian besar wanita pasti menyukai makanan yang manis. Jika Anda termasuk salah satunya, maka ada baiknya jika mulai sekarang Anda mulai mengurangi konsumsi gula, Ladies. Sebab, seperti disebutkan dalam laman greatist.com, mengasup gula dalam jumlah yang berlebihan ke dalam tubuh dapat memicu  kegemukan, penumpukan lemak dan diabetes.

Selain resiko-resiko tersebut, berikut ini adalah 3 alasan utama kenapa Anda harus mengurangi konsumsi gula Anda mulai sekarang. Yuk, simak.

Alasan #1: Membuat Mood Tidak Stabil
Makanan-makanan manis diketahui dapat meningkatkan mood kita menjadi lebih baik. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun perlu diketahui bahwa mood tersebut membaik hanya dalam rentang waktu yang singkat. Gula membuat mood Anda menjadi naik-turun dengan cepat. Penjelasannya adalah: ketika mengonsumsi makanan manis, kadar gula darah akan naik dengan drastis tapi juga akan turun dengan cepat karena gula mudah dibakar oleh tubuh. Dengan demikian, mood Anda akan naik-turun tidak stabil.

Alasan #2: Mengganggu Sistem Imun
Gula yang berlebihan bisa melemahkan daya tahan tubuh. Bahkan, hasil dari sebuah studi menyatakan bahwa tubuh dengan pH yang rendah (karena tinggi kadar asam yang biasanya berasal dari gula) merupakan pemicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Alasan #3: Memicu Timbulnya Penuaan Dini
Ketika gula dalam aliran darah bereaksi dengan protein, maka akan terjadi proses glycation; yaitu terbentuknya molekul baru yang dikenal dengan advanced glycation end (AGE). Semakin banyak gula yang dikonsumsi, akan semakin banyak pula AGE yang terbentuk, padahal AGE merupakan molekul ini memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi tubuh. Jaringan yang paling rentan terkena dampak buruk AGE adalah kolagen dan elastin. Dua jenis protein ini berfungsi menjaga kulit tetap kenyal, berisi dan kencang. Dengan kata lain, semakin banyak kita mengasup gula dalam tubuh kita, maka semakin rentan pula bagi kita mengalami penuaan dini.


Nah, itulah 3 alasan utama kenapa kita harus mengurangi konsumsi gula kita mulai sekarang. So, Ladies, cerdas dan bijaklah dalam menentukan jumlah asupan gula Anda ya! Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading