Sukses

Beauty

Menurut Penelitian, 4 Makanan Enak Ini Berbahaya Buat Kesehatan Otak

Makan merupakan aktivitas yang sangat penting bagi setiap manusia. Karena apa? Karena makan adalah salah satu aktivitas yang bisa membantu seseorang untuk bertahan hidup. Tapi nih ya, meskipun makan adalah aktivitas yang sangat penting, kamu tetap harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari lho ya. Menurut beberapa penelitian, ada beberapa makanan enak yang justru sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dikutip dari laman prevention.com, ada makanan enak yang bisa bikin gemuk, makanan yang bisa meningkat risiko kanker, makanan yang meningkatkan risiko jantung dan makanan yang berisiko bagi kesehatan dan performa otak. Wah, masak sih ada makanan yang bisa berisiko dan berbahaya untuk kesehatan otak? Baiklah, inilah beberapa makanan enak yang berbahaya buat kesehatan otak.

    Tahu

    Siapa yang nggak kenal sama tahu. Semua orang pasti kenal dan pernah makan tahu. Tapi, sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Demensia and Geriatric Disorders menyebutkan jika nutrisi tahu yang dikonsumsi berlebih bisa meningkatkan risiko penurunan kognitif juga melemahnya memori (ingatan). Dari studi yang dilakukan, mereka yang mengonsumsi tahu sembilan kali atau lebih perminggu mengalami penurunan daya ingat lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi tahu. Para peneliti menduga bahwa fitoretrogen yang terkandung di dalam tahu lah yang akan menurunkan daya ingat tersebut.

    Sodium

    Buat kamu yang suka masak dan menambahkan banyak sodium ke dalam masakan kamu, usahakan untuk mengurangi konsumsi sodium ini ya. Karena apa? Karena, sebuah study yang dilakukan di Kanada menyebutkan jika konsumsi sodium dalam jumlah tinggi atau berlebih akan meningkatkan risiko alzheimer juga berdampak negatif pada kemampuan kognitif. Dalam Jurnal Neurobiology of Aging menemukan bahwa mereka yang konsumsi sodium tinggi dan jarang melakukan latihan fisik lebih mudah mengalami penurunan kemampuan kognitif dibandingkan dengan mereka yang konsumsi sodium rendah dan melakukan latihan fisik rendah.

    Tuna

    Jika kita mengonsumsi tuna dalam porsi yang tepat, hal ini akan sangat baik bagi kesehatan dan fungsi otak. Tapi, sebuah penelitian yang dimuat di Jurnal Integrative Medicine menemukan jika konsumsi tuna atau ikan lainnya seperti tongkol, kakap dan kerapu tiga kali dalam seminggu atau berlebih justru akan meningkatkan kerusakan kemampuan kognitif dan disfungsi kerja otak. Kenapa hal ini terjadi? Peneliti percaya bahwa kandungan merkuri tinggi pada ikan lah yang membahayakan kesehatan otak.

    Lemak Trans

    Pada sebuah study yang diterbitkan di Jurnal PLoS One menemukan jika mengonsumsi lemak trans berlebih akan menyebabkan seseorang kesulitan mengingat kata. Study yang dilakukan pada 1.018 relawan dimana mereka ini mengonsumsi lemak trans mulai dari 3,8 gram hingga 27,7 gram ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lemak trans tertinggi lebih sulit menghafal kata jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lemak trans rendah.


Ladies, itulah makanan enak yang rupanya justru berbahaya bagi kesehatan otak. Agar otak kita semua tetap sehat dan tidak mengalami penurunan kemampuan kognitif, sangat disarankan agar kita konsumsi makanan sehat serta bergizi yang mengandung banyak vitamin seperti sayur dan buah. Semoga informasi ini bermanfaat ya... Oh iya, agar tetap sehat dan bugar baik dari segi fisik maupun psikis, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, istirahat dan olahraga cukup ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading