Sukses

Beauty

Ubanan Dini? Ini Sekian Makna Yang Ditunjukkan Tentang Kondisi Kesehatan Kamu

Perubahan warna rambut menjadi kelabu atau putih (sering disebut ubanan) ini seakan membuat kamu terlihat seperti orang tua, tapi bukan berarti ini kamu bertambah tua secara umur dengan lebih cepat. Perubahan warna rambut ini terjadi ketika folikel rambut kurang memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna alami pada rambut.

Umumnya, ubanan dimulai ketika kamu memasuki usia 30 tahun-an, tapi tak jarang wanita juga mengalaminya di usia 20 tahun-an. Hal ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah faktor internal seperti ras. Orang ras Kaukasia lebih cepat mengalami ubanan dibanding ras Asia dan Afrika, sedangkan secara keturunan atau genetika, kamu tidak bisa menghindarinya.

 

Faktor dan keturunan atau genetik yang dibawa dari kakek nenek dan orang tua juga memegang andil besar. Bahkan terkadang beberapa orang dengan keturunan rambut beruban mulai mengalami perubahan warna rambut sebelum usia 20 tahun.

 

Namun ada juga faktor eksternal yang membuat rambut menua lebih cepat, salah satunya adalah kebiasaan merokok. Merokok bisa mempercepat penuaan tubuh, dan salah satunya yang bisa dilihat adalah perubahan warna rambut. Pengaruh lingkungan seperti sinar ultraviolet dan polusi juga bisa menjadi penyebabnya.

Rambut tidak terjaga dari radikal bebas sehingga lebih cepat menua. Tapi ada juga makna lain dari ubanan, yaitu gejala gangguan vitiligo, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit kehilangan warna alaminya. Ada kemungkinan juga karena anemia pernisiosa, yang membuat tubuh kesulitan menyerap vitamin B12 atau gangguan pada kelenjar tiroid.

 

Jadi kamu tahu apa yang sebenarnya "coba dikatakan" oleh rambutmu saat mereka tiba-tiba beruban kan? Bisa jadi keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, atau justru gejala penyakit lain.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading