Sukses

Beauty

Penelitian Membuktikan, Rajin Sarapan Bisa Tingkatkan Prestasi Anak Di Sekolah

Sebagai orangtua yang ingin anaknya memiliki masa depan yang baik, kamu pasti akan memastikan buah hati bisa mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah, benar kan? Bahkan kamu sendiri pun pasti akan mengalaminya sendiri dulu sebagai anak. Meski ada kalanya kamu malas berangkat sekolah, tapi orang tua selalu mendorong agar kamu mau ikut les dan belajar lebih giat agar bisa punya nilai terbaik di kelas.

Setiap akan berangkat sekolah biasanya ibu akan menyiapkan sarapan agar kamu bisa konsentrasi belajar di sekolah. Tahukah kamu bahwa ternyata sarapan punya peran sangat penting lho dalam menentukan prestasi anak di sekolah. Seperti dikutip dari HealthDay News, sebuah penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang terbiasa sarapan sebelum berangkat sekolah punya prestasi lebih baik daripada mereka yang tak sarapan.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti memperhatikan 5000 siswa antara usia 9-11 tahun dan menemukan bahwa mereka yang makan sarapan sehat sebelum sekolah ternyata memiliki kecenderungan dua kali lipat memiliki prestasi lebih baik dan menguasai  pelajaran lebih cepat dari teman-teman mereka yang tidak sarapan.
 
Sebuah penelitian lain di Cardiff University yang sudah diterbitkan dalam jurnal kesehatan Public Health Nutrition mendukung temuan ini. Sarapan berhubungan erat dengan kesehatan tubuh secara umum, terutama meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif (pikiran) seseorang.

Rasa lapar akan menurunkan konsentrasi anak saat di kelas, dan ketika anak sarapan, mereka akan lebih fokus dan konsentrasi terhadap pelajaran yang diterimanya di kelas. Tentu saja penelitian ini masih butuh banyak pengembangan dan bukti yang mendukung. Namun jika dipikir secara umum, memang rasa lapar bisa mengacaukan konsentrasi ya, itulah mengapa anak perlu sarapan di pagi hari.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading