Sukses

Beauty

Mengerikan, Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Banyak Garam

Tubuh kita butuh nutrisi lengkap agar bisa melakukan metabolisme dengan baik. dariĀ  tapi makanan lah kamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tapi ada makanan-makanan yang sebaiknya tidak dimakan berlebihan karena justru punya dampak buruk untuk kesehatan, salah satunya adalah garam.

Tubuh kita memang butuh sejumlah sodium untuk bertahan hidup, dan sodium paling mudah didapatkan dari garam. Tapi jika mengonsumsi garam berlebih, seperti dikutip dari businessinsider.sg, ini dampak buruknya untuk tubuh.

copyright by businessinsider.sg

    Otak

    Karena otak mengatur sistem syaraf tubuh, kelebihan garam akan membuat otot syaraf tegang yang mana bisa menyebabkan demensia atau melemahnya ingatan dan menurunkan oksigen dan nutrisi otak. Otot yang menegang akan merusak dan memecah pembuluh darah yang bisa mengakibatkan stroke.

    Jantung

    Jantung yang berfungsi memompa darah (dengan kandungan oksigen) ke seluruh tubuh juga akan mengalami penegangan otot arteri jika kelebihan garam. Hal ini akan menimbulkan nyeri di dada dan jika otot pembuluh darah arteri pecah, akan menimbulkan serangan jantung.

    Ginjal

    Ginjal yang berfungsi menyaring darah dari zat sisa dan cairan di tubuh bisa bekerja lebih keras menyaring garam untuk dikeluarkan dari tubuh karena terlalu banyak. Hal ini akan melemahkan fungsi ginjal dan bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

    Pembuluh arteri

    Pembuluh arteri di seluruh tubuh yang membawa darah ber-oksigen akan mengalami tekanan yang membuat tekanan darah meningkat. Darah juga jadi mengental dan tubuh jadi lambat menerima nutrisi. Pada akhirnya pembuluh darah bisa pecah dan mengganggu kerja organ tubuh.

Jadi, sekarang kamu tahu kan mengapa kok kamu dilarang makan makanan asin sering-sering? Yuk batasi konsumsi garam dari sekarang agar tetap sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading