Sukses

Beauty

Penelitian Terbaru: Makan di Depan Cermin Bisa Membantumu Tetap Langsing

Siapa saja tentu ingin memiliki tubuh langsing dan berat badan ideal. Sebenarnya nih ya, untuk memiliki tubuh langsing dan berat badan ideal nggak susah kog Ladies. Dilansir dari laman asiantown.net, makan di depan cermin bisa membantu kamu tetap langsing dan memiliki berat badan ideal. Para ilmuwan mengungkapkan jika makan di depan cermin bisa mendorong seseorang untuk makan makanan yang lebih sehat dengan jumlah yang tepat.

Para ilmuwan menemukan, orang-orang yang mengonsumsi makanan tak sehat seperti cake cokelat atau junk food di depan cermin sambil melihat bayangannya sendiri akan merasa bahwa makanan yang awalnya dirasa sangat enak tersebut menjadi makanan yang kurang enak. Para ahli mengungkapkan jika sebenarnya,makanan menjadi tidak enak karena seseorang merasa tidak nyaman ketika melihat dirinya sendiri sedang makan atau menikmati sesuatu.

Para ilmuwan juga menemukan jika makanan yang tidak sehat namun rasanya enak akan terlihat kurang menarik di depan cermin. Sedangkan makanan yang sehat, akan tetap terlihat sama baik dilihat secara langsung atau dilihat dari cermin. Peneliti utama yakni Dr Ata Jami dari University of Central Floridamengemukakan,

"Cermin memungkinkan akan memberi tahu kita lebih dari sekedar penampakan fisik. Sekilas memang, kita akan melihat fisik kita. Tapi, cermin akan memungkinkan kita untuk melihat diri sendiri secara objektif. Cermin juga memungkinkan kita untuk menilai fisik atau perilaku diri sendiri seperti saat kita menilai orang lain."

Penelitian yang dilakukan pada 185 mahasiswa di Universitas tersebut menunjukkan bahwa cake cokelat yang dimakan di ruangan bercermin memiliki rasa yang kurang enak. Sementara cake yang dimakan di ruangan tanpa cermin rasanya sangat enak. Sedangkan salad buah yang dimakan di ruangan bercermin atau pun tidak, memiliki rasa yang sama. Tidak ada perbedaan signifikan saat salad buah dimakan di depan cermin maupun tidak di depan cermin.

Sebenarnya, cermin tak memiliki dampak terhadap rasa makanan. Hanya saja, cermin mengubah pola pikir dan perilaku seseorang ketika melihat dirinya sendiri saat makan. Ada perasaan tak nyaman ketika seseorang melihat dirinya sendiri makan atau melakukan sesuatu yang tidak baik. Perasaan tak nyaman inilah yang mendorong seseorang untuk menerapkan pola hidup sehat dan memilih makanan yang sehat.

Study yang diterbitkan di Journal of Association for Consumer Research ini menyimpulkan agar cermin diletakkan di ruang makan. Dengan menempatkan cermin ini, kita bisa melihat diri sendiri saat makan yang mendorong diri sendiri untuk memilih pola makan yang sehat dengan memilih makanan yang sehat pula. Kita pun bisa selalu tampil langsing karena makan makanan sehat rendah lemak setiap hari.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading