Sukses

Beauty

Bisakah Jeruk Nipis Menggantikan Kandungan Nutrisi Jeruk Lemon Untuk Diet?

Kegunaan lemon dan jeruk nipis bagi kesehatan, sudah tak perlu diragukan lagi. Tetapi, seringkali kita dibingungkan: apakah bisa kedua buah jeruk ini digantikan satu sama lain? Harga lemon di Indonesia memang lebih mahal dan dijual di supermarket-supermarket besar, berbeda dengan jeruk nipis yang harganya lebih murah dan bahkan bisa ditanam di halaman rumah. Lalu, apakah manfaatnya dan kandungan gizinya sama?

Kandungan Nutrisi Yang Mirip

Baik lemon maupun jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang mirip. Keduanya rendah kalori dan kaya serat yang baik untuk diet. Keduanya mengandung sekitar 30 kalori, 2,8 gram serat dan 2-3 persen kebutuhan vitamin B-9 untuk setiap 100 gramnya. Nah, 100 gram kandungan nutrisi itu sama dengan 1,5 buah jeruk nipis atau 1/2 cangkir sari lemon lho.

Mana Yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi?

Meski sama-sama mengandung vitamin C yang tinggi, ternyata kadarnya berbeda satu sama lainnya lho, Ladies. 100 gram lemon mengandung 53 mg vitamin C yang mencukupi 71% kebutuhan vitamin C harian untuk wanita dan 59% kebutuhan vitamin C harian untuk pria. Sementara itu, jeruk nipis ternyata hanya mengandung 29 mg vitamin C per 100 gramnya. Ini 'hanya' dapat mencukupi 39% kebutuhan vitamin C harian untuk wanita dan 32% untuk pria.

Jeruk nipis bisa kok menggantikan fungsi lemon, hanya saja memang kadar nutrisinya sedikit di bawah lemon. Nah, sekarang kamu nggak perlu kebingungan lagi mencari lemon untuk resep sehari-hari karena ada jeruk nipis yang tak kalah bermanfaatnya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading