Sukses

Beauty

Sit Up Jadi Olahraga Yang Justru Buruk Untuk Kesehatan, Benarkah?

Sit-up termasuk salah satu olahraga kekuatan dan ketahanan yang menjadi salah satu cara terbaik membentuk otot perut dan mengencangkan perut. Tapi ternyata secara mengejutkan, sit up justru jadi olahraga yang tidak lagi disarankan oleh para instruktur olahraga karena diyakini justru berbahaya untuk tubuh.

Dikutip dari dailymail.co.uk, personal trainer dan pelatih militer di Amerika Serikat sekarang meyakini bahwa sit-up bahaya karena bisa menyebabkan kerusakan tulang belakang atau punggung karena gerakan ini memberi banyak tekanan pada tuang belakang. Mereka mengatakan bahwa sebaiknya para pria dan wanita mengganti gerakan sit-up dengan push-up.

copyright by Sebastian Kaulitzki

Bahkan kini kesatuan militer Amerika Serikat telah menghilangkan olahraga sit-up sebagai latihan fisik wajib mereka. Salah satu penelitian menemukan bahwa 56 persen para tentara mengalami cidera yang berhubungan dengan latihan fisik mereka yang ternyata berasal dari kebiasaan sit-up.

Angkatan udara Amerika Serikat pun ikut me-review ulang gerakan ini dan melarang keras dilakukannya kegiatan fisik sit-up.  Sedangkan Angkatan Laut Amerika masih menganalisi standar gerakan ini dan apakah benar bisa menyebabkan cidera tulang belakang atau masalah lainnya.

Jika dilakukan terus-menerus, sit-up bukan hanya bisa menyebabkan masalah tulang belakang tapi juga bisa menyebabkan nyeri yang berujung pada hernia. Untuk mengganti latihan kekuatan otot, disarankan sit-up diganti dengan gerakan push up atau plank karena lebih aman.

Wah, jadi jika kamu ingin mengencangkan perut, sebaiknya hindari olahraga sit-up ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading