Sukses

Beauty

Tetap Langsing Meski Makan Enak di Pesta

Susah payah Anda mengikuti program diet, namun seringkali berantakan hanya karena Anda tidak kuasa menahan godaan makanan enak di pesta. Ragam menu pesta yang lezat, tanpa perlu membayar dan memasak sendiri, adalah daya tarik mengapa banyak orang jadi makan berlebihan.

Meski tidak terjadi setiap hari tapi makan berlebihan di sebuah pesta tetap dapat merusak program diet dan menyebabkan ketidaknyamanan lain, misalnya kembung dan gangguan pencernaan. Lantas, apakah Anda harus menahan mulut untuk tidak mencicipi satu pun makanan? Tidak juga.

Sebenarnya, Anda tetap dapat menikmati hidangan lezat di pesta, tapi coba kurangi jumlahnya sebesar 10-20 persen. Dengan demikian, Anda sudah bisa mengurangi asupan beberapa ratus kalori. Trik lainnya? Simak di bawah ini.

    Olahraga esok paginya

    Cara paling ampuh untuk membuang kelebihan lemak dan kalori yang Anda makan adalah dengan membakarnya sesegera mungkin. Studi terbaru menunjukkan bahwa berolahraga dalam keadaan perut kosong lebih baik untuk menurunkan berat badan dan regulasi insulin. Ini bagus, karena setelah makan besar, tubuh Anda akan melepaskan banyak insulin, suatu hormon yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan lemak tubuh. Semakin baik pengaturan insulin, semakin efisien penggunaan kalori Anda.

    Jangan lewatkan sarapan

    Jika selama ini Anda punya strategi berpuasa sehari penuh setelah makan besar, Anda perlu berpikir lagi. Dalam keadaan lapar, Anda akan cenderung memilih makanan tinggi kalori dan gula, kata Trinh Le, pakar diet dan nutrisi terdaftar dan konsultan aplikasi diet populer MyFitnessPalLe merekomendasikan menyeimbangkan Anda untuk memilih hidangan berbahan dasar sayur, protein rendah lemak dan biji-bijian agar Anda cepat kenyang dan tidak tertarik makanan lain, terutama yang bisa membahayakan diet Anda.

    Minum air yang banyak sepanjang hari

    Meski selama ini Anda merasa sudah cukup minum, pesta adalah kesempatan untuk meningkatkan lagi asupan cairan Anda. Tanpa sadar, selama ini kita mudah mengabaikan sinyal haus dan beberapa kali terbukti air seni berwarna kuning pekat. Lagipula, cukup cairan akan membantu kita mengontrol keinginan makan dan ngemil sepanjang hari," kata Le. Hidrasi Anda tidak harus selalu berasal dari air putih. Teh tanpa gula juga merupakan pilihan yang baik.

    Buat beberapa perubahan

    Jika Anda yang menjadi tuan rumahnya, Anda tahu bahwa menyemarakkan pesta tidak harus dengan makanan berlemak tinggi kalori atau minuman penuh gula. Siapkanlah hidangan sehat seperti salad segar dengan bumbu kacang atau lalapan dengan sambal. Tambahkan dada ayam panggang yang telah dibuang kulitnya beserta ikan bakar sambal tomat. Lengkapi dengan cracker gandum utuh dan es buah-buahan.

    Layani diri sendiri

    Ketika seseorang melayani dan mengambilkan makanan untuk Anda, bisa jadi porsi yang diberikan cukup besar untuk menambah lagi ukuran lingkar pinggang Anda. Ambillah hidangan makanan Anda sendiri adalah cara yang baik untuk mengukur porsi yang tidak berlebihan.

    Tunggu selama 20 menit

    Banyak dari kita merasa tidak cukup dengan satu porsi makanan ketika ada di sebuah pesta. Belum lima menit kita selesai menikmati makanan pertama, kaki kita sudah menuju ke hidangan lainnya. Ini terjadi karena hormon leptin atau hormon pengatur rasa kenyang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal ke otak bahwa lambung kita sebenarnya sudah penuh.

"Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengunyah makanan perlahan-lahan. Kunyah setiap makanan yang masuk sebanyak 10-30 kali, tergantung jenis makanannya. Hal ini akan mengurangi kecepatan Anda makan sehingga Anda akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit, demikian saran dari Le. Selain itu, cara makan yang perlahan juga akan membuat pencernaan menjadi lebih nyaman, bebas dari rasa terlalu kenyang.

Sumber: http://meetdoctor.com/

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading