Sukses

Beauty

Ketika Si Kecil Menolak Makan Ikan

“Ewww, Bunda, aku nggak mau makan ikan!”

Apakah si kecil pernah mengatakan hal tersebut? Sebagai orang tua, pasti khawatir ya karena takut anak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Terutama, salmon dan tuna yang terkenal mengandung asam lemak omega-3, sumber DHA dan EPA, yang penting untuk perkembangan otak dan kecerdasannya. Yuk coba cara-cara berikut ini agar anak menyukai memakan ikan.

Perkenalkan Hidangan Baru
Ada kemungkinan si kecil bosan dengan cara menghidangkan ikan tersebut. Ikan adalah bahan yang sangat fleksibel untuk diolah menjadi beragam macam hidangan. Cobalah menyamarkannya ke dalam pasta, taco, perkedel, atau nasi panggang. Ajak anak membantu mempersiapkannya, biasanya dengan cara ini, ia mau memakan hidangan tersebut.

Menggoreng Ikan
Jika si kecil termasuk anak yang picky eater, cobalah menghidangkan ikan dengan cara menggorengnya. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih dijamin bikin anak senang memakannya. Walau bukan metode memasak paling sehat, tapi bisa kok mengganti beberapa bahan untuk membuatnya lebih kid-friendly. Misalnya ganti tepung dengan menggunakan oat yang dihaluskan, hilangkan penggunaan penyedap makanan, dan gunakan minyak sayur untuk menggoreng.

Jadikan Nugget
Anak-anak biasanya jarang menolak jika ditawari nugget. Cobalah mengolah daging ikan salmon, tuna, atau lele menjadi nugget yang gurih dan bergizi tinggi. Kombinasikan dengan sayuran atau keju untuk membuat rasanya makin enak, serta cetak dalam bentuk-bentuk yang lucu untuk membuatnya makin tertarik. Bikin hidangan ini makin sehat dengan mengganti tepung roti dengan tepung oat, atau coba panggang daripada menggorengnya.

Sertakan Saus Cocolan
Sajikan daging ikan yang sudah dipisahkan dari tulangnya, lalu goreng atau panggang hingga sedikit memadat. Hidangkan bersama saus cocolan yang bisa dibuat sendiri. Mulai dari saus tomat, mustard, bahkan saus keju. Dorong si kecil untuk mencoba semua sausnya, dan tanpa disadari ia sudah memakan habis semua makanan berbahan ikan.

Lewat beragam ide mengolah dan menyajikan hidangan ikan yang lebih menarik, si kecil bisa jadi akan lebih semangat mengonsumsi makanan sehat sumber DHA ini. Namun untuk memenuhi 100% kebutuhan DHA hariannya, tambahkan Scott's Emulsion Original yang terbuat dari campuran minyak hati ikan kod dan mengandung asam lemak Omega-3 (DHA+EPA), Vitamin A, Vitamin D, dan Kalsium. Cukup satu sendok atau takaran 15 ml Scott's Emulsion original setiap hari akan memberi si kecil 100% DHA ditambah EPA yang dibutuhkan sesuai anjuran setiap hari.

Dengan begitu, fungsi tubuh dan otaknya dapat berkembang secara optimal, sejalan dengan pertambahan usianya.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading