Sukses

Beauty

Dukung Asupan DHA Si Kecil dengan 5 Makanan Sumber ALA Pilihan

Selain DHA yang berasal dari ikan, telur, dan unggas, ada ALA atau Alpha-linolenic Acid yang dapat diubah tubuh menjadi DHA. Walau prosesnya tidak terlalu efisien, cara ini dapat menjadi alternatif bagi anak-anak yang lebih suka memakan sayuran dan buah-buahan. Apa saja yang bisa dijadikan asupan DHA? Simak jawabannya berikut ini.

Mashed Potato
ALA adalah sejenis asam lemak omega-3 yang ditemukan pada tumbuhan, demikian peryataan University of Maryland Medical Center. Tubuh dapat mengubah ALA menjadi EPA dan DHA, dua jenis asam lemak omega-3 yang biasa ditemukan dalam minyak ikan. Nutrisi ini telah terbukti penting bagi kesehatan dan perkembangan otak, serta menunjang tumbuh kembang anak. walau dianggap bergizi tinggi, kentang lumat (mashed potato) dapat berubah menjadi tidak sehat karena penambahan terlalu banyak mentega, garam, atau krim yang ditambahkan.

Jagung Manis Rebus
Salah satu cara terbaik untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung adalah dengan mengatur pola makan yang rendah lemak jenuh dan kaya lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-3. University of Maryland Medical Center menyarankan untuk memasukkan biji-bijian, sayuran hijau, buah, dan makanan yang mengandung alpha-linolenic acid, seperti jagung manis rebus.

Variasikan konsumsi nasi atau roti si kecil dengan jagung manis rebus, yang juga dapat memberikan energi yang cukup untuk aktifitasnya di pagi hari. Berikan butter atau keju parut untuk menambahkan rasa. Untuk memudahkan anak untuk memakannya, pipil jagung manis rebus dari batangnya, ya.

Kacang Panggang
Dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi lemak tak jenuh ganda, kacang panggang dapat dijadikan alternatif dalam memberikan asupan DHA bagi si kecil. Sebanyak 100 gram kacang tanah dapat memberikan 200-1000 mg omega-3 dalam bentuk ALA. Menurut National Institute of Health, makanan ini dapat memenuhi kebutuhan omega-3 antara 10-50% kebutuhan harian anak-anak hingga orang dewasa.

Raspberry
Buahnya yang berbentuk kecil dan berwarna merah ini pasti menggoda siapa saja yang melihatnya. Tidak hanya tampilan dan rasanya saja lho yang menggugah selera, kandungan ALA di dalamnya pun cukup besar. Dalam 100 gram buah rasberi, mengandung 0,15 gram asam lemak omega-3. Campurkan dalam smoothie buah untuk sarapan di pagi hari, atau olah menjadi puding, frozen yogurt, atau es krim.

Berikan sayur dan buah ini sebagai asupan DHA yang penting bagi tumbuh kembang si kecil. Namun penuhi 100% kebutuhan DHA hariannya dengan menambahkan Scott's Emulsion Original yang terbuat dari campuran minyak hati ikan kod dan mengandung asam lemak Omega-3 (DHA+EPA), Vitamin A, Vitamin D, dan Kalsium. Cukup satu sendok atau takaran 15 ml Scott's Emulsion original setiap hari akan memberi si kecil 100% DHA ditambah EPA yang dibutuhkan sesuai anjuran setiap hari.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading