Sukses

Beauty

Begini Porsi Omega-3 Terbaik Berdasarkan Usia Si Kecil

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa DHA, asam lemak omega-3, telah terbukti dapat meningkatkan perkembangan otak, terutama jika diberikan sejak bayi. Tapi, seberapa banyak DHA yang dapat diberikan untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal? Simak penjelasan yang diberikan oleh David Perlmutter, MD, seorang ahli saraf terkemuka di Amerika Serikat berikut ini.

Kelompok Usia 6-24 Bulan
Menurut Dr David, pentingnya memberikan suplemen DHA pada usia 6-24 bulan, akan mendorong produksi hormon pertumbuhan, sehingga penting bagi tumbuh kembang otaknya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan jumlah omega-3 (DHA dan EPA) dianggap mencukupi, jika si kecil mengonsumsi 10-12 mg/kg berat badan. Penuhi kebutuhannya dengan memberikan makanan, seperti salmon, yogurt, sereal, telur, dan susu.

Kelompok Usia 2-4 Tahun
Kekurangan DHA pada anak-anak yang berada pada kelompok usia 2-4 tahun dapat menyebabkan beberapa gangguan. Misalnya, meningkatkan risiko terkena ADHD, masalah pada penglihatan, dan depresi. Menurut WHO, berikan DHA dan EPA sebanyak 100-50 mg. Penuhi kebutuhannya dengan memberikan makanan atau minuman yang kaya DHA, seperti 3 ons salmon tiap minggunya.

Kelompok Usia 4-6 Tahun
Memasuki usia 4-6 tahun, kebutuhan omega-3 pada si kecil juga ikut bertambah. WHO menyarankan jumlah DHA dan EPA sebanyak 150-200 mg per hari untuk menjaga kesehatan si kecil. Penuhi kebutuhan nutrisi ini, dengan memberikan minyak flaxseeds, canola, atau minyak kacang. Campurkan dalam salad untuk sarapan maupun bekal makan siang si kecil, agar semakin lezat dan bergizi.

Untuk mencukupinya kebutuhan DHA dan EPA saat si kecil berumur 1-6 tahun, berikan nutrisi Scott's Emulsion Orange 1x15 ml sekali sehari. Asupan lezat campuran minyak hati ikan kod dengan tambahan khasiat jus jeruknya akan mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu si kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat setiap hari.
Kelompok Usia 6-10 tahun

Jumlah DHA dan EPA yang direkomendasikan oleh WHO pada kelompok usia 6-10 tahun ini adalah sebanyak 200-250 mg per hari. Supaya lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, baca label makanan dengan teliti dan pilih makanan yang sudah diberi suplemen DHA. Mulai dari selai kacang, susu, yogurt, dan jus jeruk. Ini saatnya memberikan Scott's Emulsion Orange dua kali sehari.

Di Atas 10 Tahun
Untuk anak yang berusia di atas 10 tahun, WHO merekomendasikan jumlah harian DHA dan EPA sebesar 250 hingga 2000 mg, tergantung pada usianya. Berikan telur, tahu, atau salmon sebagai sarapan maupun makan siang, yang dapat memberikan 100 hingga 425 mg omega-3 sekali makan. Untuk anak berumur di atas 12 tahun, berikan Scott's Emulsion Orange 3 kali sehari demi memastikan tumbuh kembangnya berlangsung dengan sehat setiap hari.

Semoga pengetahuan di atas dapat membantu menentukan berapa banyak DHA yang diperlukan, untuk membantu si kecil mencapai perkembangan dan pertumbuhan optimal.

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading