Sukses

Parenting

Ssst, Ini Lho 5 Efek Buruk Jika Kamu Terlalu Banyak Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan penting untuk tubuh. Dengan tidur, tubuh maupun pikiran bisa menjadi lebih rileks dan kembali berenergi. Dan jika kamu kurang tidur, kesehatan tubuh pun akan terganggu. Kurang tidur bisa memicu penuaan dini, menurunkan sistem kekebalan tubuh, kurang fokus dan masih banyak lagi.

Tapi nih ya, tak hanya kurang tidur yang bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Seperti dikutip dari laman huffingtonpost.com, terlalu banyak tidur juga akan memicu berbagai masalah kesehatan. Mmm, kira-kira apa saja sih masalah kesehatan yang akan terjadi jika kamu terlalu banyak tidur? Berikut ulasannya.

    Sakit Kepala

    Sakit kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi ketika seseorang terlalu banyak tidur. Tidak jarang, tidur lebih dari 10 jam setiap hari akan memicu sakit kepala hebat. Apalagi, jika kamu adalah seseorang yang tak biasa tidur dalam waktu lama. Lalu, kenapa tidur terlalu lama bisa memicu sakit kepala? Para peneliti menyebutkan jika kelebihan tidur akan mempengaruhi neotransmitter tertentu pada otak seperti serotonin. Jika hal ini terjadi, maka kepala terutama otak akan terasa pusing atau sakit.

    Diabetes

    Nah loh, buat kamu yang hobi tidur, cobalah untuk lebih hati-hati lagi. Beberapa study menyebutkan ketika kamu terlalu banyak tidur, hal ini akan memicu diabetes. Study yang pernah dilakukan terhadap 9 ribu orang di Amerika menunjukkan bahwa mereka yang tidur lebih dari 9 jam perhari memiliki risiko diabetes 50 persen lebih besar. Tapi risiko ini juga terjadi pada mereka yang tidur kurang dari 5 jam perhari.

    Obesitas

    Rupanya, tak hanya mereka yang kurang tidur dan suka ngemil di malam hari yang akan berisiko kena obesitas. Mereka yang tidur terlalu lama setiap harinya juga sangat rentan akan obesitas. Apalagi, bagi mereka yang suka telat bangun di pagi hari. Jika kamu ingin terbebas dari risiko obesitas, usahakan untuk tidur cukup antara 7 sampai 8 jam perhari. Pastikan miliki pola hidup sehat, minum air putih cukup dan olahraga cukup.

    Depresi

    Dalam sebuah study yang dilakukan pada tahun 2014, diungkapkan jika terlalu banyak tidur akan meningkatkan risiko depresi. Para peneliti menemukan jika mereka yang tidur dalam waktu yang lama adalah orang-orang yang sedang mengalami gejala depresi. Lebih dari 27 persen penderita depresi dikatakan memiliki waktu tidur lebih dari 9 jam perharinya.

    Mempersulit Kehamilan

    Satu efek buruk dari kebanyakan tidur adalah kesulitan kehamilan. Ya, dalam study yang dilakukan pada tahun 2013 di Korea menemukan jika dari 650 wanita yang diteliti, mereka yang tidur lebih dari 10 jam perhari mengalami kesulitan untuk mengandung. Sementara mereka yang tidur antara 7 sampai 8 jam, dinyatakan lebih mudah untuk mengandung. Kesehatan tubuh secara keseluruhan juga dinyatakan baik.


Ladies, itulah beberapa efek buruk ketika kamu terlalu banyak tidur. Selain efek di atas, efek buruk lain yang mungkin terjadi adalah, kerusakan otak, memperburuk kesehatan hati dan jantung, memicu stroke bahkan meningkatkan risiko kematian. So, gimana nih, masih suka tidur lama dan tak segera beranjak dari tempat tidur saat pagi?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading