Sukses

Beauty

Mengenal Lebih Dekat Hepatitis A, Penyebab Dan Gejalanya

Satu pekan terakhir, Indonesia telah dihebohkan dengan berita belasan mahasiswa di Bogor terjangkit penyakit hepatitis A. Seperti yang kami lansir dari merdeka.com pada Rabu (09 Desember 2015), sedikitnya ada 17 mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Bogor yang tinggal di asrama kampus dinyatakan positif mengidap hepatitis A. Dan yang lebih menyedihkan, dari hari ke hari, penderita hepatitis ini semakin bertambah.

Karena hal ini, banyak pihak yang berusaha mengusut tuntas masalah ini. Karena apa? Tentunya, karena hepatitis merupakan salah satu penyakit menular yang juga sangat berbahaya bagi kesehatan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Mmm, kira-kira, hepatitis itu apa sih? Kenapa bisa terjadi dan apa gejalanya? Mungkin kita akan bertanya-tanya akan hal ini. Baiklah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, dikutip dari laman mediceineet.com, berikut penjelasan mengenai hepatitis A, penyebab dan gejalanya. Simak baik-baik Ladies.

(vem/mim)

Hepatis A Adalah...

Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang organ hati dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Hepatitis A juga sering kali disebut sebagai peradangan pada hati yang disebabkan oleh toxin dalam tubuh seperti zat kimia, obat atau apapun yang bisa memicu infeksi. Biasanya, hepatitis akan terjadi tidak lebih dari 6 bulan. Meski begitu, tidak sedikit orang yang mengalami hepatitis akut dengan masa sakit lebih dari 6 bulan. Mmm, hal ini tentu sangat berbahaya Ladies. Karena, hepatitis yang sudah akut bisa saja memicu kematian.

Dari laman wikipedia.org, hepatitis biasanya terjadi karena virus hepatitis secara langsung. Tapi, penyakit ini juga bisa terjadi karena infeksi virus lain seperti mononukleosis infeksiosa, infeksi sitomegalovirus dan demam kuning. Jika seseorang menderita hepatitis A, tidak jarang hal ini akan menular pada orang lain di sekitar dengan mudah.

Dari data yang ada, penderita hepatitis di seluruh dunia bisa mencapai 1.4 juta orang setiap tahunnya. Sementara di Asia Tenggara sendiri, hepatitis A menyerang lebih dari 400 ribu orang. Lebih dari 800 orang meninggal dunia karena hepatitis ini. Mmm, sangat mengerikan ya Ladies.

Apa Saja Penyebab Hepatitis..?

Penyebab utama dari hepatitis adalah karena adanya virus. Virus tersebut bisa berupa virus hepatitis atau virus lainnya. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa hepatitis A juga terjadi karena pola hidup yang tidak sehat, kondisi lingkungan yang kumuh atau hal lainnya. Karena penyebaran hepatitis A sangat mudah, cara penyebarannya pun bisa dengan sangat mudah melalui makanan, minuman atau lingkungan.

Adapun penyebab dan penyebaran hepatitis A bisa juga terjadi karena sanitasi lingkungan yang buruk, kontak langsung dengan pengidap hepatitis, jarum suntik yang telah terkontaminasi virus hepatitis, hubungan intim dengan pengidap hepatitis, hubungan intim dengan sesama jenis, bekerja di lingkungan yang kumuh dan kotor, gizi buruk, telat makan, konsumsi minuman beralkohol dan konsumsi obat-obatan terlarang.

Lantas, Apa Saja Gejala Hepatitis..?

Jika kita peka, gejala dari hepatitis bisa dirasakan dengan mudah. Beberapa gejala umum dari hepatitis di antaranya adalah, tubuh dengan mudah merasa lelah dan capek, sering mengalami mual dan muntah, perut terasa nyeri (terutama pada bagian ulu hati atau liver), nafsu makan menurun, segala makanan dan minuman akan terasa pahit, demam tinggi pada tubuh, perubahan warna urine yang menjadi lebih gelap atau sedikit kecokelatan, nyeri sendi adanya indikasi perubahan warna tubuh yang semula putih menjadi lebih kuning dan pucat.

Untuk perubahan warna tubuh menjadi kuning ini adalah gejala paling menonjol dari hepatitis A. Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan dapatkan perawatan intensif terkait masalah kesehatan yang kamu alami.

Ladies, agar kita semua terhindar dari risiko hepatitis A, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan. Pastikan pula untuk menjaga pola makan, hindari segala hal yang bisa memicu hepatitis, jangan lupa untuk mandi dan membersihkan diri secara rutin setiap hari dua kali sehari, minum vitamin (bila perlu), miliki istirahat dengan cukup dan lakukan check up secara rutin untuk mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan kamu. Semoga kita semua selalu dalam kondisi sehat dan dijauhkan dari segala macam penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat ya. [pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading