Sukses

Beauty

5 Gejala Kanker Payudara Yang Perlu Kamu Kenali Sejak Dini

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang paling banyak diderita oleh kaum hawa saat ini. Tak hanya menyerang orang dewasa, beberapa waktu yang lalu, seorang gadis kecil juga telah didiagnosa kanker payudaradi tubuhnya. Sebagai salah satu penyakit mematikan, kanker payudara memang sangat berbahaya. Selama ini, gejala kanker payudara atau kanker lainnya sendiri tidak mudah dikenali keberadaannya.

Tapi kamu jangan khawatir Ladies. Selama kamu peka dan jeli ketika ada perubahan di tubuh terutama di payudara, kanker payudara bisa dideteksi sejak dini dan dilakukan pengobatan yang terbaik. Dikutip dari laman healthline.com, setidaknya ada 5 gejala kanker payudara yang perlu kamu tahu keberadaannya sejak dini. Gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Warna Payudara Berbeda

    Gejala paling umum yang terjadi ketika seseorang berisiko terkena kanker payudara adalah warna kulit payudara berbeda. Bagi mereka yang sehat dan normal, kulit payudara akan seperti kulit tubuh lainnya. Tapi, jika ada gejala kanker, tidak jarang warna kulit akan menjadi kemerah-merahan atau bahkan kecokelatan seperti memar. Selain itu, kulit juga tidak semulus sebelumnya. Gejala kanker akan membuat kulit payudara menjadi lebih kasar, seperti kulit jeruk dan terlihat seperti ada ruam atau memar.

    Gatal Pada Payudara

    Setiap orang mungkin pernah merasakan gatal pada payudara. Gatal ini bisa terjadi karena Bra atau pakaian yang dikenakan tidak bersih sehingga menyebabkan gatal. Tapi, tidak menutup kemungkinan gatal ini adalah salah satu gejala dari kanker payudara. Gatal yang terjadi terus menerus tanpa sebab jelas, kemungkinan besar adalah salah satu gejala kanker payudara. Jika kamu mengalami hal ini, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya.

    Nyeri Hebat di Punggung Dan Payudara

    Gejala selanjutnya yang perlu kamu tahu dari kanker payudara adalah nyeri hebat di punggung dan payudara. Bahkan, nyeri ini bisa saja saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Beberapa sahabat juga kerabat yang terjangkit kanker payudara mengatakan jika nyeri yang dirasakan akan membuat tubuh lemah, tidak nafsu makan dan selalu muncul jika tubuh lelah. Nyeri ini juga sering kali membuat punggung maupun payudara berasa seperti terbakar.

    Benjolan di Payudara

    Inilah gejala paling umum dari kanker payudara. Dan asal kita tahu, hampir semua kanker ditandai dengan adanya benjolan di tubuh. Jika kamu merasakan ada benjolan di tubuh terutama di payudara dan rasanya sakit, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa benjolan mungkin tidak berbahaya, tapi, beberapa lagi mungkin adalah kanker atau tumor ganas.

    Keluar Cairan Dari Payudara

    Jika kamu menemukan cairan keluar dari payudara sementara kamu sedang tidak mengandung, cobalah untuk lebih waspada dan peka Ladies. Beberapa ahli kanker menyebutkan jika gejala awal kanker payudara adalah keluarnya cairan dari dalam payudara. Cairan itu bisa berupa cairan seperti air, seperti lendir atau seperti nanah.

Itulah beberapa gejala kanker payudara yang perlu kamu tahu sejak dini. Agar terhindar dari risiko kanker payudara, pastikan untuk memiliki pola hidup yang sehat, olahraga yang cukup dan minum air putih yang banyak. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat atau bra berkawat. Hindari pula makan makanan yang banyak mengandung bahan penyedap, pengawet serta bahan kimia lain.

Segera periksakan diri ke dokter jika kamu menemukan keanehan pada payudara kamu. Ketika mengetahui risiko kanker sejak dini, hal ini akan lebih memudahkan kamu untuk sembuh dan terbebas dari kanker. Semoga kesehatan yang maksimal selalu menyertai kita semua. ^__^

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading