Sukses

Beauty

Benarkah Pil KB Bisa Rusak Kecantikan?

Pil KB jadi andalan mayoritas wanita untuk mengontrol kehamilan. Namun, sayangnya banyak yang menyatakan bahwa pil KB bisa mempengaruhi kecantikan lho. Ini karena pil KB memiliki efek terhadap level hormon seseorang dan mempengaruhi tubuh wanita. Kali ini Vemale akan mencoba mengupas lebih lanjut apakah pil KB memiliki dampak yang buruk terhadap kecantikan seperti yang telah dilansir oleh boldsky.com. Simak ulasan lengkapnya di sini Ladies.

    Bercak cokelat pada kulit

    Studi menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi kemungkinan mengalami bercak coklat pada kulit wajah. Ini bisa jadi dikarenakan dosis obat yang dikonsumsi. Jika kamu mengalami hal ini saat mengonsumsi pil KB segeralah berkonsultasi dengan dokter sehingga bisa memberikan dosis pil atau jenis pil yang cocok dengan tubuh kamu.

    Sensitivitas matahari

    Pil KB ternyata bisa membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Akibatnya kamu mungkin mengalami perubahan warna kulit pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar.  Kondisi ini juga dikenal sebagai "melasma". Melasma ditandai dengan bercak-bercak hitam pada hidung, dahi, pipi bagian atas, bibir dan daerah bibir atas.

    Berat badan

    Salah satu kelemahan dari konsumsi pil kontrasepsi adalah kenaikan berat badan Ladies. Menurut penelitian, penggunaan jangka panjang pil kontrasepsi dapat membuat pinggul dan payudara yang lebih berat. Inilah yang membuat penampilan jadi kurang menarik.

    Kulit dan mata kuning

    Salah satu efek samping penggunaan pil KB yang serius adalah warna kulit kuning. Selain itu warna mata juga berubah jadi kuning. Jika sudah mengalami tanda-tanda ini ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter Ladies.

    Pandangan kabur

    Efek yang satu ini lebih pada kesehatan Ladies. Selain membuat kulit dan mata jadi berwarna kuning, salah satu efek serius dari konsumsi pil KB ini adalah pandangan yang mulai kabur. Jika sudah merasakan efek ini kamu wajib segera berkonsultasi dengan dokter.

Itu tadi lima efek samping dari pil KB Ladies. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis pil KB apa yang cocok dengan tubuhmu. Semoga informasi ini berguna ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading