Sukses

Beauty

Berbagai Warna Kotoran Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan (Ini Penting!)

Ladies, pernah nggak sih kamu dilanda ketakutan dan kekhawatiran karena warna kotoran cenderung aneh dan lain dari biasanya? Sebenarnya, apa yang kamu keluarkan memang ada hubungannya dengan apa-apa saja yang masuk, atau yang kamu makan.

Selain itu, menurutĀ Samita Garg, M.D. dan Womenshealthmag.com, diet, obat-obatan, stres, dan gaya hidup juga turut mempengaruhi warna kotoran. Meskipun kadang hal itu normal, namun bisa juga menjadi pertanda kesehatan yang buruk, Ladies. Agar lebih jelas, ini dia arti warna kotoran dan hubungannya dengan kesehatan kamu.

    Hijau

    Mungkin kamu tadi makan sayur-sayuran atau minum smoothie ya? Biasanya sih, bayam, atau sayuran hijau lain mempengaruhi warna kotoran. Jika benar begini, kamu tak perlu khawatir, karena normal sekali jika kotoran berwarna sesuai dengan apa yang dimakan.

    Kuning Kehijauan

    Biasanya, cairan kehijauan itu adalah empedu, yang diproduksi oleh hati untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Selagi masih dalam batas yang wajar dan tidak terlalu sering, itu normal kok, Ladies. Namun jika berlebihan dan sering terjadi, tampaknya kamu harus berkonsultasi pada dokter secepatnya.

    Kemerahan

    Ada dua kemungkinan, Ladies: merah gelap dan merah terang. Jika kotoran berwarna merah gelap, biasanya hal ini hasil pengaruh dari makanan, misalnya bit, sayuran lain yang berwarna merah, atau makanan yang diwarnai merah. Sedangkan jika warnanya merah terang, bisa jadi itu pengaruh dari darah, sekaligus penanda penyakit berbahaya, seperti kanker, atau radang usus.

    Hitam

    Warna ini juga tergantung, Ladies. Bisa dipengaruhi makanan, namun obat-obatan juga bisa membuat kotoran menjadi berwarna hitam. Tidak hanya itu, kotoran yang berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh darah. Jadi, jika kamu tidak makan sesuatu dengan pewarna hitam, atau tidak sedang mengkonsumsi obat tertentu, konsultasikan dengan dokter segera, karena hal ini bisa menjadi penanda kanker, radang, atau infeksi.

Unik ya, dari apa yang kamu keluarkan, tubuh juga sebenarnya berusaha memberi tahu jika ada yang tidak beres.


(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading