Sukses

Beauty

Rambut Tumbuh di Area Puting Payudara, Normal Nggak Sih?

Tahu nggak kalau ada 50 juta folikel rambut yang tersebar di seluruh tubuh kita? Dan hanya 1/5 nya saja yang tumbuh di area kulit kepala. Sisanya bisa tersebar di berbagai area tubuh lainnya. Salah satunya di area puting payudara.

Tapi normal nggak sih kalau ada rambut yang tumbuh di area puting payudara? Atau malah ini jadi pertanda penyakit atau gangguan kesehatan tubuh?

Dilansir dari womenshealthmag.com, Lance Brown, M.D., ahli dermatologi New York mengatakan, "Di sekujur tubuh kita dipenuhi folikel rambut dan kelenjar minyak, termasuk di sekitar puting payudara, jadi selalu ada kemungkinan tumbuhnya rambut." Dengan kata lain, tak perlu panik jika di area puting payudara kamu ada rambut yang tumbuh.

Rambut Juga Bisa Tumbuh di Area Tubuh yang Lain
Selain di area puting payudara, rambut juga bisa tumbuh di cuping telinga, dagu, dan area pusar. Biasanya rambut yang muncul di puting itu berada tepat di luar areola.

Rambut juga bisa muncul di area lubang telinga yang kadang bisa mengganggu pendengaran. Sementara di area perut, rambut bisa tumbuh dari area pusar hingga rambut kemaluan, atau bisa juga tumbuh acak di sekitar pusar.

Apa Penyebabnya?
Kalau kamu rambut tersebut masih baru-baru ini kamu temukan, penyebabnya umumnya disebabkan oleh fluktuasi hormon, seperti karena hamil atau menopause. Konsumsi obat-obatan tertentu (seperti testosterone, danazol, anabolic steroids, glucocorticoids, cyclosporine, minoxidil, dan phenytoin) juga bisa jadi penyebab tumbuhnya rambut di sejumlah area tubuh.

Kalau rambut yang tumbuh terlihat/terasa abnormal, mungkin kamu mengidap hirsutisme (kondisi yang menyebabkan tumbuhnya rambut kasar berlebih).Kondisi ini juga bisa karena faktor genetik. Atau kemungkinan lainnya, kamu menderita kondisi yang lebih serius, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS). Namun PCOS ini terbilang langka yang hanya menyerang lima hingga sepuluh persen wanita di seluruh dunia.

Bagaimana Mengatasinya?
Tumbuh rambut di area puting payudara bisa jadi hal yang normal. Jadi kamu nggak perlu panik berlebih. Dan kamu bisa mengatasinya dengan mencukur atau waxing. Kalau ingin hasil yang lebih permanen, kamu bisa menggunakan teknik laser.

Jadi sebenarnya tak perlu panik berlebih kalau tumbuh rambut di area puting payudara, ya Ladies. Kalau masih dalam tahap normal, nggak ada yang perlu kamu khawatirkan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading