Sukses

Beauty

5 Manfaat Pijat Reflexi Sebagai Pengobatan Alternatif

Pijat reflexi adalah teknik pengobatan alternatif dengan menekan daerah tertentu pada tangan, kaki atau telinga yang akan memberi efek terapi pada bagian tubuh lain yang merasa sakit. Meskipun kurang populer dibanding akupunktur, pijat refleksi adalah pengobatan alternatif yang memiliki efek yang sama.

Perlu diingat bahwa pijat refleksi tidak dapat menyembuhkan penyakit, tetapi dengan pijat refleksi akan membantu untuk meringankan rasa sakit dan efek psikologis karena rasa sakit. Berikut adalah 5 manfaat pijat refleksi seperti yang dilansir top10homeremedies.com yaitu:

    Depresi

    Depresi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu reaktif dan klinis. Depresi reaktif disebabkan oleh faktor eksternal seperti trauma akan suatu peristiwa, sementara depresi klinis adalah hasil dari bahan kimia yang tidak menentu dan aktivitas hormon dalam tubuh Anda. Contoh dari depresi klinis adalah rendahnya tingkat serotonin. Serotonin berfungsi untuk memberi efek bahagia pada otak. Memijat bagian atas jari kaki Anda, di mana refleks otak berada, dapat meningkatkan produksi serotonin. Ulangi ini setidaknya tiga kali dalam satu hari.

    Mengurangi mual

    Mual karena masuk angin atau gejala maag dan meningkatnya asam lambung dapat dikurangi dengan melakukan pijat refleksi. Caranya pijat perut dan refleks kaki duodenum dalam gerakan melingkar dapat meredakan mual.

    Osteoarthritis & Rheumatoid Arthritis

    Pijat refleksi pada tangan dan kaki membantu meringankan gejala nyeri osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (RA), meminimalkan kerusakan sendi dan mengurangi kecemasan. Osteoarthritis adalah penyakit yang berhubungan dengan usia ditandai dengan nyeri sendi, terutama di tangan, lutut, tulang belakang dan pinggul. RA adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan sendi, dan imobilitas jangka panjang dan cacat.

    Tekanan darah tinggi

    Pijat refleksi untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi, dimulai dengan duduk santai yang merefleksi diafragma dada dan merangsang pernapasan agar lebih baik. Peredaran darah yang baik dapat menekan risiko tekanan darah tinggi.

    Nyeri datang bulan

    Saat datang bulan, mengalami nyeri dan kram perut adalah hal yang sering dialami. Untuk mengurangi nyeri saat datang bulan kamu dapat melakukan pijat refleksi dengan cara memijat ibu jari kaki yang berhubungan dengan ovarium dan uterus.

Demikian 5 manfaat dari pijat refleksi untuk kesehatan. Rutin melakukan pijat refleksi pun dapat mencegah beberapa penyakit. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading