Sukses

Beauty

Ganti Makanan Pokok Dari Beras Jadi Jagung, Ini Manfaat yang Anda Dapatkan

Sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan beras sebagai makanan pokok. Sementara di beberapa daerah di Indonesia, seperti Madura, jagung merupakan makanan pokok yang diutamakan. Meski berbeda dari beras, kandungan gizi serta nutrisi yang dimiliki jagung tak kalah dari beras lho, Ladies.

Seperti disebutkan dalam laman www.whfoods.com, tak hanya unggul dengan rasanya yang lebih gurih daripada nasi, jagung juga menimbulkan rasa kenyang yang sama seperti nasi, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

    Sumber Kalori

    Jagung merupakan sayuran sumber kalori. Kandungan kalori dalam 100 gram jagung kira-kira 342 kalori. Oleh sebab itu, jagung sangat bisa digunakan sebagai makanan utama pengganti nasi.

    Sumber Vitamin

    Jagung kaya akan vitamin B kompleks, terutama tiamin dan niacin. Tiamin penting untuk menjaga kesehatan syaraf dan fungsi kognitif. Selain itu, jagung juga merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak.

    Sumber Mineral

    Selain kalori dan vitamin, jagung juga memiliki kandungan mineral yang melimpah yang sangat bermanfaat bagi tubuh.  Beberapa mineral yang banyak ditemukan dalam varietas jagung adalah fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga. Selain itu, jagung juga memiliki sejumlah mineral selenium yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain.

    Kaya Antioksidan

    Sebuah hasil studi yang dilakukan di Cornell University menunjukkan bahwa jagung merupakan sumber antioksidan phytochemical yang aktif dalam memerangi radikal bebas penyebab kanker. Manfaat antioksidan dalam jagung ini akan lebih maksimal ketika kita memasak atau mengolahnya terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa manfaat menakjubkan yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi jagung. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengubah makanan pokok Anda menjadi jagung? Mengganti nasi menjadi jagung dalam setidaknya satu minggu, satu kali bukanlah ide yang buruk lho, Ladies! Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading