Sukses

Beauty

Hik.. (Ups!), Kenapa Aku Cegukan? Ini Lho Penyebabnya, Ladies

Setiap orang pasti pernah merasakan cegukan. Cegukan biasa terjadi secara tiba-tiba atau juga saat kita sedang mengunyah. Cegukan kadang hanya terjadi beberapa kali sebelum akhirnya reda sendiri, tapi kadang cegukan juga bisa terjadi berulang-ulang dan membuat kita merasa lelah. Sebenarnya, apa ya yang membuat kita cegukan?

Disebutkan dalam laman www.medicalnewstoday.com, cegukan yang dikenal dalam dunia medis dengan istilah singultus ini terjadi karena adanya kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba pada daerah diafragma dan berlangsung berulang. Kondisi seperti ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara yang tertutup, namun udara masih tetap bisa lewat.

Kondisi inilah yang akhirnya menimbulkan bunyi 'hik' seperti tersentak setiap kali kita cegukan. Selain itu, cegukan juga bisa terjadi karena sebab-sebab berikut ini, yuk simak.

    Tubuh Kekurangan Cairan

    Kondisi cegukan bisa terjadi ketika tubuh kekurangan asupan cairan yang menyebabkan makanan tidak sepenuhnya terdorong ke dalam perut. Oleh karena itu, agar tak mengalami cegukan Anda perlu menjaga ketercukupan cairan dalam tubuh.

    Makan Tergesa-gesa

    Jika Anda makan sambil tergesa-gesa atau makan dengan diselingi berbicara dengan cepat, Anda kemungkinan besar akan mengalami cegukan. Hal ini disebabkan masuknya oksigen yang mendesak secara tiba-tiba ke dalam paru-paru yang dapat mempengaruhi kondisi diagfragma. Dan di sinilah terjadi sedak yang diikuti dengan cegukan.

    Perubahan Suhu

    Perubahan suhu ekstrim secara tiba-tiba bisa berpotensi menyebabkan cegukan. Oleh sebab itu, kita tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan panas dan minuman dingin secara bersamaan.

    Rasa Makanan

    Jika kita tak tahan dengan rasa pedas namun tetap memaksakan untuk makan masakan pedas, kita juga kemungkinan besar akan mengalami cegukan. Sama halnya ketika kita mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu asin. Hal ini akan memicu terjadinya kontraksi mendadak pada diafragma yang akan mengakibatkan kita mengalami cegukan.

Nah, itulah beberapa penyebab yang menjadikan kita mengalami cegukan. Bila cegukan terjadi,  tak perlu panik. Anda cukup minum air putih secara perlahan untuk menstabilkan kondisi diafragma. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading