Sukses

Beauty

Mengapa Wanita Sering Kembung Saat Menstruasi? + Cara Mengatasinya

Saat menstruasi atau datang bulan, wanita mengalami banyak sekali masalah kesehatan Ladies. Mulai dari kram perut, masalah berat badan, jerawat, retensi air sampai perut kembung. Memang tidak semua wanita mengalami masalah ini, namun berbagai gangguan kesehatan ini memang cukup merepotkan wanita saat sedang datang bulan.

Lalu apa sih sebenarnya penyebab perut kembung saat datang bulan? Salah satu penyebab perut kembung saat menstruasi ternyata adalah kadar estrogen yang berfluktuasi. Ini akan menyebabkan kelebihan air dalam tubuh dan berakibat kepada naiknya berat badan. Selain itu mayoritas wanita akan kehilangan nafsu makan mereka selama datang bulan dan tak bisa mencerna makanan dengan baik. Inilah pula yang menyebabkan masalah pencernaan dan perut kembung.

Bagi Ladies yang sering mengalami masalah perut kembung selama menstruasi bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Hindari konsumsi makanan berlemak karena sulit dicerna oleh tubuh.
  • Hindari makanan dengan garam dan gula yang berlebihan yang bisa menyebabkan retensi air meningkat.
  • Perbanyak minum air hangat saat menstruasi. Ini akan membantu mengatasi perut kembung selama datang bulan.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah seperti bayam, pisang, tomat, anggur, semangka dan jeruk untuk mengurangi gejala perut kembung.
  • Saat menstruasi disarankan pula untuk melakukan olahraga. Ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa kembung dan gas berlebih dalam tubuh. Lakukan saja olahraga-olahraga ringan seperti jalan cepat atau naik turun tangga.


Jika kondisi kamu belum membaik dengan tips di atas maka ada baiknya untuk mencoba obat-obatan untuk mengatasi gangguan kesehatan selama menstruasi. Namun, alangkah lebih baik untuk mencoba cara alami terlebih dahulu Ladies. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading