Sukses

Parenting

Agar Tidak Salah Diagnosa Kenali Gejala Penyakit Ginjal

Seringkali orang-orang tidak menyadari bahwa ginjalnya tidak berfungsi dengan normal. Ginjal adalah organ penting untuk menyaring zat berbahaya dalam tubuh, mengatur produksi sel darah, dan membantu untuk membentuk vitamin D dalam tubuh.

Berikut adalah gejala penyakit ginjal yang harus kamu tahu, seperti yang dilansir dalam top10homeremedies.com yaitu:

    Perubahan fungsi kemih

    Salah satu tanda ada yang tidak beres dengan ginjal kamu adalah, adanya perubahan fungsi kemih. Sering buang air kecil tetapi urine tidak keluar. Saat kamu buang air kecil, urine berwarna lebih gelap, berbusa dan terkadang bercampur dengan darah.

    Tubuh bengkak

    Karena ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, yaitu dengan melemahnya fungsi pembuangan dalam tubuh maka akan terjadi pembengkakan dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi pada kaki, mata, dan wajah.

    Mudah lelah

    Saat ginjal normal produksi eritropoietin membantu produksi sel darah merah, saat fungsi ginjal menurun produksi hormon ini menurun. Hal ini menyebabkan produksi sel darah menurun yang dapat berakibat anemia dan kelelahan pada tubuh.

    Nyeri punggung

    Nyeri punggung bawah dan paha bisa jadi karena ginjal kamu ada masalah. Jika kamu mengalami kram parah yang menyebar dari punggung bawah ke pangkal paha, segera konsultasikan dengan dokter.

    Mual

    Saat ginjal dapat berfungsi dengan baik maka ginjal tidak dapat menyaring racun berbahaya dari darah, hal ini menyebabkan akumulasi nitrogen urea yang berlebihan dalam aliran darah. Hal ini merangsang mukosa gastrointestinal dan menyebabkan mual dan muntah. Jika kamu masih mengalami mual dan muntah setelah minum obat anti mual, dan tindakan pencegahan sudah kamu lakukan lebih baik konsutasikan dengan dokter.

Mengetahui dengan baik penyebab dan gejala suatu penyakit sangat penting. Bila terjadi hal yang membuat tidak nyaman tubuhmu, segera konsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading