Sukses

Beauty

Kopi Bisa Perpanjang Umur, Kabar Gembira Untuk Penggemar Kopi

Bukan cuma sekedar minuman penahan kantuk, minum kopi setiap pagi, siang, bahkan malam hari tampaknya sudah menjadi rutinitas bagi banyak orang. Dibangunkan oleh aroma sedap kopi, lalu dibantunya untuk bisa bertahan menjalani hari yang sibuk dan padat. Masih ditambah dengan sedikit seduhan kopi plus susu untuk menemani bercengkerama bersama teman-teman pada malam hari.

Kamu mungkin minum kopi untuk sekedar menahan kantuk atau menambah stamina, tanpa memikirkan manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan, bukan? Untuk mengetahui manfaat minum kopi dengan lebih jelas, mari kita kulik-kulik hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association, seperti yang dilansir Npr.org dan Mindbodygreen.com. Penelitian ini juga telah menghebohkan internet dalam 2 hari terakhir.

Penemuan ini dihasilkan dari 3 penelitian besar yang dilakukan, Ladies. Salah satunya adalah penelitian yang melibatkan 200 ribu orang, yang diminta menjawab serangkaian pertanyaan tentang makanan setiap 4 tahun. Selama penelitian berlangsung, lebih dari 31 ribu partisipan meninggal dunia akibat berbagai macam penyakit. Para peneliti sendiri menggunakan beberapa faktor sebagai pengendali penelitian, seperti kebiasaan merokok, berat badan, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan beberapa faktor lain yang berhubungan dengan makanan.

Hasilnya? Peminum kopi dengan skala sedang (sekitar 3 hingga 5 cangkir per hari) dinilai akan memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Lebih tepatnya, kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, penyakit neurologis, diabetes tipe 2, dan bunuh diri.

Tapi hal ini bukan berarti peminum kopi memiliki kebiasaan hidup yang lebih sehat lho, Ladies. Uniknya, para peneliti juga menemukan bahwa orang yang suka minum kopi juga cenderung akan suka merokok atau mengkonsumsi alkohol. 

Meski begitu, bukan berarti kamu harus minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, Ladies. Karena setiap orang memiliki tingkat ketahanan yang berbeda terhadap kopi, maka jangan mengkonsumsi kopi jika kamu mulai gemetar atau gelisah karenanya. Biasanya, orang dengan kepribadian introvert dan yang mudah gelisah tidak bisa mengkonsumsi kopi yang terlalu kuat atau dengan jumlah banyak. Selain menyebabkan tubuh gemetar dan gelisah, kopi juga membuatnya mengalami gangguan tidur.

Satu hal lagi yang penting untuk dipahami, penelitian ini tidak membuktikan hubungan antara kebiasaan minum kopi dengan umur yang lebih panjang, meski memang bisa dihubungkan. Namun jika kamu suka minum kopi, serta memiliki gaya hidup sehat, hal itu sangat mungkin terjadi, bukan?

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading