Sukses

Parenting

Berikut Alasan Mengapa Kamu Harus Menghabiskan Obat Antibiotik

Saat berkunjung ke dokter dan menerima resep, seringkali kita mendapat pesan dari dokter untuk menghabiskan obat yang kita terima terutama obat antibiotik. Bukan tanpa sebab dokter menekankan hal ini, karena yang sering terjadi saat tubuh dirasa sudah ‘cukup’ sehat kita memutuskan untuk berhenti meminum obat. Padahal obat, khususnya antibiotik harus diminum sampai habis.

Hal ini seperti yang dilansir webmd.com minum obat antibiotik harus sampai habis untuk menghindari penyakit karena bakteri akan menjadi kebal. Antibiotik sendiri ditujukan untuk membunuh bakteri penyebab penyakit, bukan pada tubuh. Untuk melumpuhkan bakteri, antibiotik perlu waktu tertentu. Untuk itulah, dalam beberapa kasus pemberian antibiotik antara satu orang dan orang lain berbeda. Hal ini terjadi karena bakteri yang dilumpuhkan pun berbeda.

Satu hal yang perlu diingat, bakteri dalam tubuh tetap berkembang biak. Ketika kamu minum antibiotik tidak sesuai dengan aturan dokter, seperti minum sehari seklai padahal disarankan tiga kali sekali, dan berhenti minum karena dirasa sudah sehat. Bisa jadi masih ada bakteri yang hidup, dan berkembang biak. Sehingga ada beberapa kasus setelah badan sehat kenapa kembali sakit. Jadi itulah alasan mengapa dokter selalu menyarankan kamu untuk selalu menghabiskan antibiotik yang diberikan.

Minum obat secara teratur dan selalu mengikuti saran dari dokter, akan mempercepat proses penyembuhan. Jadi jangan bandel ya, Ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading