Sukses

Parenting

Lima Alasan Mengonsumsi Green Smoothie

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan secara alami, salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup. Kebanyakan orang mempunyai gaya hidup yang tidak sehat, seperti malas berolah raga atau mengonsumsi makanan tidak sehat alias junk food.

Salah satu pilihan gaya hidup yang sedang trend sekarang ini adalah green smoothie, yaitu smoothie berbahan dasar sayuran hijau yang dicampur dengan buah dan beberapa biji-bijian alami. Karena dikombinasikan dengan beberapa macam buah, maka selain rasanya yang enak dan segar, green smoothie juga kaya manfaat.

copyright: smoothieslover.com

Green smoothie yang baik adalah yang memiliki komposisi 60% sayuran hijau (bakchoi, bayam, atau kale) dan 40% buah-buahan. Namun, jika baru pertama kali mencoba mengonsumsi green smoothie, komposisi tersebut bisa diubah. Perbanyak komposisi buah-buahan untuk konsumsi awal dan terus dikurangi hingga sampai ke komposisi yang dianjurkan.

Berikut adalah lima alasan kenapa mengonsumsi green smoothie baik untuk kesehatan tubuh: 

    Mengandung klorofil dan semua kebaikan sinar matahari

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa penghasil klorofil terbesar dan satu-satunya di dunia adalah daun hijau. Klorofil membawa oksigen dalam jumlah yang cukup sehingga berperan mendukung meningkatkan bakteri baik dalam tubuh. Oleh karena itu, semakin banyak klorofil yang kita konsumsi, semakin baik kondisi pencernaan dan kesehatan kita secara menyeluruh.

    Mengandung banyak serat.

    Sudah lazim diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan banyak serat. Namun, mengubah asupan serat dalam semalam juga akan membahayakan tubuh. Cara yang tepat adalah mengonsumsi green smoothie secara rutin. Serat di dalam sayuran hijau dan buah (dalam green smoothie) bersifat seperti spons yang akan membersihkan pencernaan kita sehingga proses pembuangan menjadi lancar.

    Mengandung banyak asam amino esensial

    Asam amino esensial diperlukan tubuh untuk memproduksi neurotransmiter, yaitu zat kimia alami yang menghubungkan komunikasi di antara sel otak. Zat ini juga mengatur emosi, daya ingat, suasana hati, perilaku dan pola tidur. Ketika tubuh menginginkan makanan atau minuman manis dan kopi, sebetulnya itu adalah tanda bahwa tubuh Anda kekurangan asam amino esensial. Mengonsumsi green smoothie secara teratur berarti memberikan banyak suplai asam amino esensial ke dalam tubuh sehingga tubuh tidak memerlukan lagi zat-zat yang tidak dibutuhkan.

    Mengandung banyak nutrisi.

    Bayangkan tubuh manusia sebagai pabrik besar yang sangat efisien dalam menghasilkan dan menyediakan setiap zat yang dibutuhkan oleh setiap kelenjar atau organ lain dengan jumlah tepat kapan pun diperlukan. Yang dibutuhkan oleh pabrik tersebut adalah bahan baku berkualitas tinggi dalam jumlah yang melimpah.Nah, bahan baku berkualitas tinggi itu terdapat dalam green smoothie karena mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, asam amino, karbohidrat, asam lemak esensial dan mineral.

    Mudah diserap tubuh

    Agar dapat diserap, makanan harus dihancurkan di dalam perut secara mekanis menjadi potongan yang sangat kecil antara satu hingga dua milimeter agar mudah diserap tubuh. Buah-buahan mentah dan sayuran susah dicerna karena struktur selulosanya yang keras. Green smoothie cocok dengan tujuan ini, karena ketika diblender, nutrisi dalam sayuran hijau dan buah dapat lebih diserap secara lebih efisien.

Artikel ini ditulis oleh sahabat vemale Dyah Prameswarie, kunjungi Blognya di smoothieslover.com

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading