Sukses

Beauty

Kamu Bisa Mencegah Penyakit Jantung Mulai Sekarang dan Sehat Sampai Tua

Penyakit berbahaya seperti penyakit jantung bisa menyerang siapa saja lho, Ladies. Bahkan, tingkat kematian akibat penyakit jantung pada wanita lebih besar dibanding pria, serta 6 kali lebih banyak dibanding wanita yang meninggal karena kanker payudara. Risiko terserang penyakit ini akan semakin meningkat pada wanita yang berusia 20 hingga 39 tahun, dan 74% di antaranya setidaknya memiliki 1 faktor yang memperbesar risiko.

Menurut Nakela Cook, M.D. dari National Heart, Lung, and Blood Institut, kewaspadaan adalah salah satu unsur yang harus dimiliki setiap wanita. Penyakit jantung bisa banget dicegah kok, meskipun ada sejarah penyakit ini dalam keluarga kamu. Bersama Cosmopolitan.com, ia membagikan caranya seperti berikut ini.

    Jangan Merokok

    Bahkan menjadi perokok pasif juga berbahaya, karena rokok dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, dan hal ini akan memicu terjadinya serangan jantung.

    Jaga Berat Badan

    Kelebihan berat badan bisa meningkatkan kadar kolesterol, gula darah, dan glukosa. Hitung dengan perhitungan yang sudah kamu kenal atau tanyakan pada dokter berapa berat yang ideal untuk kamu.

    Makan Sehat

    Orang dengan usia 45 tahun ke bawah yang lebih banyak mengkonsumsi protein, serelia utuh, dan sayur serta buah cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah dan kolesterol baik yang lebih tinggi dalam tubuhnya.

    Olahraga Ringan

    Kata Nieca Goldberg, M.D., meningkatkan detak jantung selama 30 menit per hari bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita, Ladies. Dancing, kickboxing, dan jogging bisa jadi pilihan yang fun untuk kamu.

    Kurangi Gula

    Orang yang 20% dari asupan kalorinya didapat dari gula sintesis akan memiliki risiko terserang penyakit jantung 38% lebih besar lho menurut penelitian dalam JAMA Internal Medicine. Produk seperti minuman kemasan atau saus tomat sekalipun mengandung gula, Ladies. 

    Liburan

    Manfaatkan masa-masa liburan untuk berlibur atau sekedar melakukan aktivitas yang bisa membuat kamu rileks. Karena jika tidak, Framingham Heart Study bilang kamu akan memiliki risiko hampir 8 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung dibanding orang yang melakukan 2 kali liburan dalam satu tahun.

    Kenali Gejalanya

    Banyak orang yang terlambat mengetahui penyakit ini karena tidak mengetahui gejalanya. Jika di TV kita sering melihat orang yang terkena serangan jantung selalu memegang area dadanya, di dunia nyata tidak selalu seperti itu, Ladies. Beberapa wanita mengalami gejala seperti mual, kelelahan yang teramat sangat, serta nyeri pada dagu dan bahu. Waspada!

Jadi, serangan jantung tidak hanya akan terjadi pada orang tua saja, Ladies. Sejak memasuki usia 20 tahun, wanita sebenarnya diwajibkan tahu akan hal ini. Makin awal tahu, makin baik, bukan?

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading