Sukses

Beauty

Pir, Buah yang Tak Hanya Enak, Renyah dan Manis Tapi Juga Menyehatkan Lho!

Ladies, siapa sih yang tak kenal buah pir? Buah yang merupakan tanaman asli negara di kawasan Eropa barat ini telah banyak dibudidayakan di Asia karena permintaan konsumen yang tinggi. Pir disenangi bukan hanya karena rasanya yang enak, renyah, dan manis tapi juga karena manfaatnya untuk kesehatan yang beragam.

Seperti disebutkan dalam laman www.medicalnewstoday.com, pir memiliki sejumlah banyak serat dan anti-oksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan as well as, meningkatkan imunitas. Nah, berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan, simak yuk!

    Menyehatkan Pencernaan

    Satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat. Hal ini berarti, dengan mengonsumsi 1 buah pir berukuran sedang kita sudah memenuhi ¼ kebutuhan serat harian dalam tubuh. Ketika kebutuhan serat terpenuhi, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja dengan lancar. Hal ini disebabkan serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan yang secara langsung akan membantu mencegah dan meringankan sembelit.

    Mengontrol Tekanan Darah

    Satu buah pir memasok 212 miligram kalium. Kalium adalah mineral yang membantu jantung untuk berdetak secara normal dan membuat otot-otot bekerja dengan lancar. Selain itu, pir juga dilengkapi dengan anti-karsinogen glutathione dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

    Mengurangi Resiko Stroke

    Mengonsumsi buah pir setiap hari akan mengurangi resiko stroke. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa makan satu buah pir sehari dapat mengurangi resiko stroke sebanyak 52 persen. Selain itu, dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa flavonoid dalam pir dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta kematian yang terkait dengan penyakit jantung.

    Meningkatkan Imunitas

    Pir  mengandung 7,5 miligram vitamin C, yaitu sekitar 10% dari kebutuhan harian. Vitamin C membantu mencegah infeksi dan menjaga agar sistem kekebalan tubuh yang tetap kuat. Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

    Mencegah Osteoporosis

    Pertambahan usia membawa tantangan tersendiri pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah osteoporosis. Pir yang kaya akan boron akan membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Nah, itulah beberapa manfaat menakjubkan dari buah pir untuk kesehatan tubuh. Dengan banyaknya manfaat pir ini, tentu Anda tidak perlu lagi enggan untuk mengonsumsi buah pir ya, Ladies.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading