Sukses

Beauty

Hari Ini Kok Aku Lapar Terus? Kok Pingin Makan Terus? Ini Sebabnya..

Coba perhatikan rutinitas makan dalam sehari. Kamu pasti sadar jika tiba-tiba ada hari dimana kamu ingin makaaaaan terus. Rasanya mulut gatal ingin mengunyah sesuatu dan tanpa sadar, kamu sudah makan nasi goreng, bakso, keripik pisang, cake dan sebagainya padahal ini masih jam makan siang.

“Duh gimana dong? Aku juga nggak tahu kenapa makan terus begini,” :(

Jika hal ini terjadi padamu, kemungkinan besar inilah penyebabnya, dilansir oleh dailymail.co.uk.

    Kurang Tidur

    Jika kamu kurang tidur tadi malam, sangat mungkin hormon pengatur rasa lapar menjadi kacau. Kamu tidak hanya gampang merasa lapar keesokan harinya, kamu juga akan mudah emosi dan merasa capek seharian. Berdasarkan penelitian dalam The Journal Obesity, mereka yang kurang tidur akan mengonsumsi 248 kalori lebih banyak keesokan harinya.

    Banyak Makan Karbohidrat di Malam Sebelumnya

    Sejak bangun kok perutku lapar ya? Padahal tadi malam makan banyak. Well, coba ingat-ingat apa yang kamu makan tadi malam. Jika yang kamu makan kebanyakan adalah karbohidrat, wajar kalau sejak bangun kamu merasa lapar terus. Mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak akan menaikkan kadar gula dalam darah kemudian drop dalam waktu yang cepat. Sinyal ini akan ditangkap tubuh sebagai rasa lapar sehingga kamu ingin makan lagi dan lagi keesokan harinya.

    Tidak Cukup Minum Air

    Kadang, seseorang mengambil keputusan salah saat merasa lapar. Lapar adalah sinyal tubuh yang tidak selalu berarti butuh asupan makan, tetapi minum. Jadi jika kamu merasa lapar, cobalah dulu minum segelas air mineral biasa atau air hangat. Jika dalam 30 menit rasa lapar itu hilang, berarti tubuh kamu memang butuh air, bukan makanan.

    Sedang Menstruasi

    Secara alami, hampir semua wanita akan makan lebih banyak ketika sedang menstruasi. Kenapa begitu? Secara gampang, tubuhmu sedang mempersiapkan nutrisi jika pada periode selanjutnya terjadi kehamilan. Maka tubuhmu akan meminta asupan makanan lebih banyak. Ini akan terjadi secara alami, walaupun kamu sedang tidak merencanakan kehamilan bahkan belum menikah sekalipun. Jadi jangan kaget jika pada masa menstruasi berat akan naik beberapa ratus gram atau satu kilogram tetapi turun lagi setelah masa menstruasi berakhir.

Masih ingin ngemil? Coba ganti keripik kesukaan dengan potongan buah segar. Rasanya sama enaknya kok dan lebih sehat..

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading