Sukses

Beauty

3 Nutrisi Penting yang (Mungkin) Tidak Cukup Anda Dapatkan Setiap Harinya

Semakin maraknya makanan dan minuman instan dewasa ini tidak bisa dipungkiri pengaruhnya terhadap kesehatan kita. Kebiasaan untuk menomor satukan kenyamanan daripada kesehatan bagi sebagian besar orang tak urung menyebabkan masalah kesehatan tersendiri. Salah satu masalah kesehatan yang semakin sering terjadi adalah malnutrisi yang disebabkan karena tubuh kurang mengasup nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan.

Seperti dilansir dalam laman greatist.com, berikut adalah 3 nutrisi kunci yang mungkin tidak cukup Anda dapatkan setiap harinya.

    Kalium

    Fakta kenapa tubuh kita (mungkin) tidak cukup mendapatkan asupan kalium setiap harinya ini disebabkan karena kita lebih sering mengonsumsi natrium daripada kalium. Sodium banyak terkandung dalam makanan-makanan instan dan cepat saji yang belakangan marak menjadi tren di kalangan masyarakat.

    Padahal, kalium merupakan salah satu nutrisi kunci yang tidak bisa Anda tinggalkan, karena kalium berfungsi untuk menjaga jantung kita tetap berdetak. Meningkatkan konsumsi kalium telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan resiko osteoporosis, serta menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung.

    Selain itu, tubuh juga memerlukan kalium untuk membantu meregulasi distribusi air dan menjaga agar sistem syaraf serta otot bekerja secara tepat. Tidak mengonsumsi cukup kalium dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kram otot, konstipasi, serta lelah dan lesu.

    Serat

    Jumlah asupan serat yang disarankan adalah 25 gram per hari untuk wanita, dan 38 gram per hari untuk laki-laki. Fakta bahwa tubuh kita mungkin kekurangan asupan serat adalah bahwa kita seringkali lebih nyaman mengonsumsi buah atau sayur yang telah dijus daripada bentuk utuhnya, padahal proses pengejusan buah dan sayur ini justru akan menghancurkan serat dalam buah dan sayur itu sendiri.

    Hal ini sangat disayangkan. Sebab, serat adalah karbohidrat non-cerna yang mengalir dalam tubuh kita, yang membantu menjaga fungsi pencernaan dan mencegah konstipasi, serta berkemungkinan besar untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ada dua macam serat: serat larut yang dapat membantu menurunkan gula darah dan kadar kolesterol dalam darah, serta serat tak larut yang berfungsi membantu makanan untuk tercerna dengan baik dalam sistem pencernaan.

    Kalsium

    Tubuh kita membutuhkan sedikitnya 1000 mg asupan kalsium setiap harinya. Asupan ini bisa dengan mudah kita dapatkan dengan mengonsumsi susu dan produk susu lainnya. Sayangnya, gaya hidup dewasa ini yang gemar mengonsumsi minuman-minuman bersoda serta kopi, membuat sebagian besar dari kita seringkali kekurangan asupan kalsium.

    Sayangnya, kekurangan kalsium ini juga membawa dampak kesehatan yang kurang menyenangkan bagi tubuh kita. Pasalnya, kalsium merupakan nutrisi kunci yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang kita. Sehingga, kurangnya asupan kalsium dapat membawa kita mengalami resiko osteoporosis yang lebih tinggi.

Nah, itulah 3 nutrisi kunci yang mungkin tidak cukup kita dapatkan setiap harinya. Setelah mengetahui informasi ini, semoga kita menjadi lebih bijak dalam memilih makanan yang kita konsumsi agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading