Sukses

Beauty

4 Cara Sederhana Namun Cerdas Untuk Mencegah Perut Mulas

Sering mengalami rasa tidak nyaman pada perut karena mulas ataupun sakit? Perut mulas memang menjadi salah satu masalah yang tak hanya mengganggu tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh khususnya pencernaan. Pada dasarnya, perut mulas tak akan terjadi begitu saja jika tidak disebabkan oleh sesuatu.

Biasanya, perut mulas akan terjadi ketika kita makan makanan yang terlalu pedas, makan makanan yang terlalu asam, adanya alergi pada beberapa jenis makanan tertentu, efek samping obat tertentu atau karena adanya virus penyebab diare. Dikutip dari laman prevention.com, sebenarnya perut mulas bisa dicegah. Dan berikut ini adalah cara sederhana namun cerdas untuk mencegah perut mulas.

    Perhatikan Makanan Yang Hendak Dikonsumsi

    Agar tidak mengalami perut mulas, pastikan untuk memperhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi. Hindari segala makanan yang bisa menjadi perut mulas seperti makanan pedas, makanan berlemak, makanan asam dan makanan yang mengandung zat-zat khusus penyebab perut mulas. Makanan yang perlu kamu hindari untuk mencegah mulas antara lain adalah tomat, cabai. permen, buah jeruk, bawang mentah dan cokelat. Jeffrey Alexander, MD, seorang kepala klinik esofagus di Mayo Klinik mengatakan jika makanan di atas bisa memicu peningkatan asam lambung dan menyebabkan perut mulas.

    Waspada Terhadap Beberapa Jenis Minuman

    Amy Gross, MPH, RD, CDN, seorang ahli gizi di Rumah Sakit New York Presbyterian mengungkapkan jika minuman berkarbonasi bisa memicu perut mulas. Minuman itu seperti minuman yang mengandung alkohol, jus buah, minuman mengandung kafein berupa teh herbal dan kopi. Meski minuman ini bisa memicu perut mulas, saat kamu mengonsumsinya dalam takaran yang pas dibarengi dengan makanan yang rendah karbon, kamu pun tak akan mengalami perut mulas Ladies.

    Minum Cukup Air

    Ronald L. Hoffman, MD, seorang dokter di kota New York menyebutkan, ketika kamu ingin terbebas dari masalah perut mulas, minumlah cukup air putih. Setidaknya kamu perlu minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Selain minum air putih, kamu juga perlu makan sayur dan buah yang cukup. Ketika kamu mengonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang tepat, kamu tak hanya bisa mencegah perut mulas, lebih jauh, kamu juga akan lebih sehat dan bugar.

    Istirahat Cukup

    Beberapa penelitian menyebutkan jika pemicu lain dari perut mulas adalah karena tubuh terlalu capek dna istirahat yang kurang. Jeffrey Alexander, MD, mengatakan "Orang-orang akan merasa mulas ketika mereka makan terlalu banyak, kerja terlalu keras dan tidur terlalu lama atau bahkan tidur yang kurang." Nah, agar kamu tidak mulas, usahakan untuk menjaga waktu istirahat kamu ya. Pastikan kamu tidak istirahat terlalu lama dan tidak juga istirahat yang terlalu sebentar.


Ladies, itulah cara sederhana untuk mencegah mulas. Selain cara di atas, pastikan pula bahwa kamu menyimpan obat untuk mengatasi perut mulas atau maag di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya. :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading