Sukses

Beauty

Senangnya, Haid Bisa Teratur Berkat Makanan Ini

Salah satu hal yang paling bikin wanita khawatir menghadapi "si merah" adalah ketika siklusnya tidak teratur. Haid tak teratur memang bisa bikin cemas. Belum lagi jika dibarengi dengan gejala-gejala tak biasa lainnya.

Untuk mendapatkan haid teratur, kita bisa coba menyiasatinya dengan pemilihan konsumsi makanan yang tepat. Dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, kita bisa dapatkan haid yang lebih lancar dan teratur. Makanan apa sajakah yang disarankan untuk dikonsumsi agar tamu bulanan bisa lebih teratur lagi? Simak infonya di bawah ini, Ladies.

    Ikan Salmon

    Sepintas salmon seperti makanan mewah. Tapi kandungan gizinya sangatlah kaya. Konsumsi salmon secara teratur bisa membantu meningkatkan kolagen di tubuh. Selain itu, salmon mampu memberikan Anda kestabilan hormon yang baik. Ini karena kandungan kalsium, vitamin D dan berbagai gizi lainnya yang bermanfaat, sehingga kita tak mudah stres dan haid bisa datang tepat waktu.

    Biji Wijen

    Meski biji wijen itu kecil, namun memiliki manfaat yang besar. Konon, mengonsumsi wijen bisa membantu kondisi tubuh kita tetap sehatĀ  karena kandungan vitamin E, serat dan asam lemak tak jenuh. Sebagai contoh, kita bisa melahap onde-onde atau konsumsi makanan dengan taburan wijen. Namun tidak disarankan makan wijen terlalu banyak karena bisa membuat tubuh lebih panas.

    Sayur Brokoli

    Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan di dalamnya antara lain vitamin A, B, C, K dengan tambahan antioksidan, zat besi dan serat yang kaya. Kandungan folat dan vitamin B dalam brokoli mampu mencegah depresi yang menjadi salah satu pemicu tidak teraturnya wanita saat menstruasi dan tidak sehatnya kita saat periode bulanan tersebut.

    Telur Rebus

    Daripada telur goreng, sebaiknya pilih telur rebus. Protein yang dikandungnya memiliki manfaat yang baik seperti kedelai dalam membantu mengatur siklus menstruasi Anda. Telur juga mampu menjaga sistem hormonal kita dengan baik dan menjaga tubuh tetap bertenaga serta fokus saat sedang menstruasi.

    Susu Kedelai

    Konsumsi susu kedelai bisa membuat menstruasi lebih lancar. Kita bisa konsumsi kedelai itu sendiri untuk mempercantik kulit, mengatur lingkar pinggang dan menjaga kesehatan. Susu kedelai baik buat kamu yang nyeri haid tapi malas untuk makan. Selain bisa jadi tambahan tenaga, nutrisi dalam segelas susu kedelai mampu menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi.

Oh ya, makanan-makanan di atas juga bisa diganti dengan alternatif lain, misal sayur bayam, kacang-kacangan, buah dan ikan laut lainnya. Konsumsi makanan yang tak terlalu dingin dan panas serta yang masih segar, bisa menjaga agar sistem tubuh kita tidak terganggu, apalagi saat menstruasi.

Lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi merupakan langkah awal untuk mendapatkan haid yang lebih lancar dan teratur. Tapi kalau kita mulai merasakan gejala-gejala yang tak biasa saat haid, jangan ragu untuk segera hubungi dokter.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading